Polisi Sempat Minta Laga Persija Vs Persib Ditunda

Ilustrasi Persija melawan Persib.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Seperti biasa, laga Persija Jakarta versus Persib Bandung akan melibatkan pasukan pengamanan dalam jumlah yang banyak. Dan, pemandangan itu tampaknya kembali tersaji saat Persija jumpa Persib di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu 28 April 2018 nanti.

Kondisi Tidak Ideal, Marc Klok Siap Tempur Lawan Timnas Vietnam

Polda Metro Jaya telah berkomunikasi dengan berbagai pihak demi mengamankan pertandingan panas itu. Bukan cuma dengan panpel Persija dan operator Liga 1, komunikasi dengan PSSI juga digelar oleh Polda Metro Jaya.

Mereka ingin memastikan agar laga berlangsung aman dan lancar. Salah satunya adalah dengan menerapkan larangan Bobotoh untuk datang ke Jakarta.

Makna Mendalam Selebrasi Ala Dragon Ball dari Stefano Beltrame

Sebenarnya, Polda Metro juga sempat menyarankan agar pertandingan diundur setelah perayaan Hari Buruh pada 1 Mei 2018 nanti. Namun, rekomendasi tersebut tak membuahkan hasil.

Hingga akhirnya, Polda Metro menegaskan laga tetap digelar sesuai jadwal. "Kami tetap amankan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono, Selasa 24 April 2018.

Ada Agenda FIFA Matchday, Persib Bandung Libur 3 Hari

Di sisi lain, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Roma Hutajulu, menyatakan pihaknya belum mendapatkan surat terkait rencana pengamanan dari Polda Metro Jaya. Namun, Roma menegaskan pihaknya siap menerjunkan tim terbaik dalam upaya pengamanan laga ini.

Kendaraan taktis pun akan diturunkan ke lokasi. "Kami dapat info, Persib tak didampingi suporter. Tapi, pengamanan tetap sama," ujar Roma.

Empat Lapis di SUGBK



Pengelola Pusat Kompleks Gelora Bung Karno juga sudah menerapkan sistem keamanan ketat di laga Persija versus Persib. Setidaknya, akan ada empat ring yang dibangun saat pertandingan.

Skema ini diterapkan demi menertibkan sejumlah suporter. Nantinya, suporter yang ingin masuk harus melalui proses pemeriksaan ketat mulai dari pintu masuk kawasan GBK. Hanya penonton bertiket yang bisa masuk ke kawasan ring road.

"Penjagaan sebanyak empat ring. Pertama dari luar kawasan GBK, depan TVRI dan sekitarnya. Kami saring yang punya tiket boleh masuk kawasan. Dan, ada juga pemeriksaan badan," kata Ketua Pembangunan dan Pengembangan Usaha PPKGBK, Gatot Tetuko, kepada VIVA.

"Ring ketiga ada di luar SUGBK. Dan, kedua area masuk pintu putar. Sementara, ring pertama itu sekitar tribun. Dibangun agar tak ada penonton yang masuk ke lapangan. Saya harap semua bisa tertib," lanjutnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya