Agus, Jakmania yang Rindu Satu Tribune dengan Bobotoh

Agus, Jakmania yang rindu satu atap dengan Bobotoh
Sumber :

VIVA – Untuk kesekian kalinya pertandingan Persija versus Persib Bandung, tidak bisa dihadiri oleh kelompok suporter dari salah satu klub. Pada duel pekan kedelapan Liga 1 2019. yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno atau SUGBK, Jakarta, Rabu 10 Juli 2019, hanya akan dihadiri kelompok suporter tuan rumah, yakni Jakmania.

Pelatih Persib Puji Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Bobotoh, suporter Persib, dilarang hadir untuk menghindari terjadinya konflik. Hal ini, juga berlaku bagi Jakmania, jika Persija bertandang ke Kota Kembang. 

Ketidakhadiran Bobotoh di dalam stadion, nyatanya membuat sebagian Jakmania merasa rindu. Adalah Agus (40), yang sudah menjadi Jakmania sejak Persija bermarkas di Stadion Lebak Bulus. 

Persib Bandung dalam Atmosfer Bagus Jelang Lawan Borneo FC

Agus menceritakan, masih sempat merasakan romantisme antara Jakmania dan Bobotoh dalam satu atap stadion pada era 1999-2000. Bagi Agus, rivalitas suporter sejatinya hal yang wajar dalam sepakbola. Tetapi, tindakan kekerasan hingga menghilangkan nyawa seseorang sudah melebihi batas kemanusiaan.

"Kalau dibilang rindu, pastilah. Kan, sudah lama juga kami tidak saling mengunjungi," ucap Agus, saat ditemui VIVA di kawasan GBK.

Respons Pelatih Persib Usai Championship Series Liga 1 Dipastikan Pakai VAR

"Sebenarnya, bagi sebagian Jakmania tidak masalah jika Bobotoh datang ke sini. Tetapi, yang disayangkan itu sejumlah orang tidak berpikiran demikian. Kalau saya, sebenarnya tidak masalah. Asalkan, Jakmania juga dapat dijamu dengan baik kalau datang ke Bandung," sambungnya.

Ke depannya, Agus berharap, percobaan perdamaian Jakmania dengan Bobotoh semakin sering dilakukan. Untuk suporter yang masih terbilang muda, perlu adanya pemberian edukasi. Sebab, menurutnya, aura kebencian lebih sering digaungkan oleh suporter-suporter yang relatif masih muda.

"Lebih baik, kita bersatulah. Enak bisa pergi away kemanapun tidak ada masalah. Lagi pula, sekarang suporter juga sudah dewasa dan permusuhan harus dihilangkan, karena kan kita sama-sama Indonesia," harap ayah dua anak ini.

Pertandingan Persija versus Persib sore ini, menjadi yang pertama kalinya digelar di SUGBK sejak lima tahun terakhir. Terakhir kali Persija menjamu Persib di SUGBK adalah pada 10 Agustus 2014. Dalam pertemuan itu, kedua tim harus puas berbagi angka, setelah main imbang tanpa gol di depan 66.143 penonton. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya