Kisah Unik Simon McMenemy di GBK, Kurang Bawa Kostum Latihan

Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy
Sumber :
  • VIVAnews/Donny Adhiyasa

VIVA – Tim nasional Indonesia bakal menggelar duel panas kontra Malaysia, dalam laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2020 zona Asia pada Kamis mendatang, 5 September 2019.

Piala Asia Wanita U-17 Segera Dimulai di Pulau Dewata, Gratis Buat yang Mau Nonton

Pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta itu pun seolah membawa kenangan tersendiri bagi pelatih timnas Merah Putih, Simon McMenemy.

Pria asal Skotlandia itu pun mengaku punya sekelumit cerita dan pengalamannya berlaga di depan publik SUGBK. Salah satu yang paling melekat dibenaknya, adalah saat mendampingi timnas Filipina menantang Indonesia pada semifinal Piala AFF 2010.

5 Potret Keharmonisan Keluarga Shin Tae-yong dan Istri Cantiknya yang Bak Artis Korea

Kala itu, eks pelatih Mitra Kukar dan Bhayangkara FC tersebut masih ingat betul kejadian tak terlupakan yang dialami Philip Younghusband cs sebelum memulai laga. Rupanya, jumlah seragam latihan/pemanasan (jersey training) rombongan timnas Filipina, saat itu kurang dari total jumlah pemain yang ada.

Sontak, hal tersebut turut menyita fokus dan konsentrasi McMenemy yang terpecah akibat harus menyiasati solusi permasalahan itu. Alhasil urusan nonteknis seperti itu pun kini jadi sorotan penting McMenemy dalam menjaga setiap persiapan jelang tampil bertanding.

Pesan KBRI Doha untuk Suporter Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Irak

“Saat itu, pada semifinal Piala AFF 2010, saya masih melatih timnas Filipina yang akan menghadapi Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno ini. Pemain tim total semuanya berjumlah 25 orang, tetapi pada saat pemanasan jelang pertandingan ternyata tim kami hanya membawa 15 jersey training,” ungkap Simon McMenemy kepada para wartawan dalam sebuah sesi jumpa pers.

“Situasi itu pun turut memecahkan konsentrasi saya dalam mempersiapkan dan memastikan pemain akan mampu tampil all out tanpa gangguan nonteknis apapun. Ini jadi pengalaman berharga buat saya, agar lebih bisa memastikan segala sesuatu kebutuhan tim bisa terpenuhi dengan baik agar tidak memecah fokus kita ke pertandingan,” ujar Simon.

Simon juga menyambut positif langkah PSSI yang menggandeng perusahaan startup logistik nasional untuk mengatur segala hal urusan kebutuhan logistik tim. Bagi Simon, persiapan tim yang terencana dengan baik sama halnya dengan menggunakan strategi jitu dalam memenangkan pertandingan. (asp)

Lalu apa penjelasan terakhir Simon McMenemy jelang lawan Malaysia? Lihat selengkapnya dalam video di bawah ini:

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya