Awas, Ada Satgas Antimafia Bola di Semua Pertandingan Liga 1 2020

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita (kiri) dan Sudjarno
Sumber :
  • VIVA / Robbi Yanto

VIVA – Kasus pengaturan skor dalam beberapa tahun belakangan ini mencuat di sepakbola Indonesia. Di kompetisi Tahun 2019,  Satgas Antimafia Bola yang dibentuk oleh Mabes Polri dan Polda Metro Jaya menetapkan 15 orang sebagai tersangka.

Ada Sosok Mencurigakan saat Pertandingan Persik Vs Bhayangkara FC

Hasilnya mencengangkan, sejumlah tersangka bahkan merupakan orang-orang yang memiliki jabatan strategis di PSSI. Salah satunya adalah Johar Lin Eng (Anggota Exco, Ketua Asprov Jawa Tengah), Dwi Irianto (Anggota Komisi Disiplin PSSI).

Agar tak terulang kasus haram itu, PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi meminta bantuan Satgas Antimafia Bola untuk mengawasi jalannya pertandingan sepakbola nasional. 

Kata Ketum PSSI Erick Thohir Usai Pelaku Match Fixing Ditangkap Polri

Tak tanggung-tanggung, LIB berencana agar semua pertandingan di Liga 1 2020 dipantau oleh Satgas Antimafia Bola.

Persija Jakarta VS Persib Bandung Liga 1 2019, Marko Simic

Gempar! Satgas Antimafia Bola Polri: PSS Sleman vs Madura FC Terjadi Match Fixing

(Baca Juga: Resmi! Jadwal Liga 1 2020 Dirilis, Kapan Persib Vs Persija?)

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita mengatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Polda Metro Jaya dan saat ini memasuki tahap perencanaan bagaimana penugasan satgas dalam pertandingan. 

"Alhamdulillah kami sudah diterima oleh Wakapolda (Brigjen Hendro Pandowo) yang kebetulan beliau adalah Ketua Satgas Antimafia Bola. Kami sudah diterima dengan baik dan alhamdulillah dapat dukungan," kata Lukita, Jumat 4 September 2020.

Sementara itu, Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno berharap dengan adanya Satgas Antimafia Bola nanti, seluruh pertandingan bisa berjalan dengan berkualitas dan lebih fair serta tidak akan ada masalah-masalah soal match fixing.

Persebaya vs Arema FC

(Baca Juga: Gempar, Borok Chintya Candranaya Dibongkar Editor Indonesia)

"Atensi kami sekarang adalah bagaimana penugasan Satgas Antimafia Bola ini di setiap laga yang sudah kami rancang. Sebenarnya LIB sudah merancang penugasan dan mensinkronkan siapa yang akan tugas di setiap match itu," ucapnya.

Liga 1 2020 rencananya akan kembali bergulir pada 1 Oktober 2020 setelah hampir enam bulan ditangguhkan karena pandemi virus COVID-19. Pekan terakhir dijadwalkan digelar 28 Februari 2020

Kompetisi dilanjutkan dari pekan keempat yang mana laga pembuka akan mempertemukan PSS Sleman melawan Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya