Timnas Indonesia Mulai TC Jelang SEA Games, Kondisi Fisik jadi Sorotan

Bek Timnas Indonesia, Nurhidayat Haji Haris
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Tim Nasional Indonesia akhirnya memulai lagi pemusatan latihan. Kali ini, TC dilakukan sebagai persiapan menuju SEA Games 2021.

Tiba di Paris, Timnas Indonesia U-23 Geber Persiapan Hadapi Guinea

Latihan perdana dilakukan di Lapangan D (Panahan), Jakarta pada Senin sore, 21 Desember 2020. TC ini dipimpin langsung oleh pelatih kepala, Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu menggeber Evan Dimas Darmono cs selama satu setengah jam. Namun, latihan hari ini masih difokuskan pada pemulihan dan penguatan kondisi fisik.

Erick Thohir: Generasi Emas Sepakbola Indonesia Telah Lahir

Bukan tanpa alasan. Sebab, para pemain yang dipanggil sudah lama tak berkompetisi sehingga butuh waktu untuk kembali ke stamina awal.

Photo :
  • PSSI
Justin Hubner Menghilang dari Skuad Cerezo Osaka Usai Tinggalkan Timnas Indonesia U-23

"Hari ini pemain langsung menggelar latihan di lapangan setelah kemarin berkumpul. Banyak pemain yang libur latihan bersama klub cukup lama, untuk itu kami pantau kondisi mereka,” kata Shin Tae-yong dikutip situs resmi PSSI.

"Selama TC di Jakarta ini kami fokus meningkatkan fisik, stamina dan penguatan pemain. Kami juga ingin mental mereka lebih baik pada TC kali ini,” tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Di sisi lain, bek skuad Garuda, Rachmat Irianto, mengaku sangat senang bisa berkumpul lagi dengan rekan-rekan lain lantaran sudah lama tak bertemu akibat liburnya kompetisi. Momen ini sekaligus dimanfaatkan sebagai ajang temu kangen.

Kendati demikian, Rian --sapaannya-- sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti TC ini. Selama libur, dia mengaku tetap menjalani latihan mandiri agar kondisi fisiknya tak menurun jauh.

“Saat ini saya dalam kondisi baik dan siap bekerja keras agar dapat menembus skuat timnas Indonesia. Sebelum menjalani latihan bersama timnas, saya banyak melakukan latihan secara mandiri,” kata pemain Persebaya Surabaya itu.

TC di Jakarta berlangsung hingga 31 Desember mendatang. SEA Games 2021 nantinya akan digelar di Vietnam pada bulan November mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya