Piala Dunia U-20 2021 Dibatalkan, PSSI Seolah Diabaikan FIFA

Suasana latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya GBK.
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Pembatalan Piala Dunia U-20 2021 masih menyisakan kecewa dan cerita. Budi Setiawan selaku Chief I’M Gen Z memberi pendapatnya mengenai hal ini.

Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Jadi Harapan Baru Timnas Indonesia

Budi menyoroti PSSI yang kebobolan soal pengumuman pembatalan. Dia menilai, PSSI seolah diabaikan FIFA karena pengumuman itu lebih dulu ramai dibahas di media sosial dan media asing. 

Bukan melalui PSSI yang notabene member dari FIFA. Apalagi, Indonesia merupakan tuan rumah gelaran Piala Dunia U-20 2021.

6 Fakta Menarik Polemik Rumput JIS, Tak Standar FIFA hingga Dituding Cari Kesalahan Anies

Photo :
  • Dok. PSSI

"Sedih sekali, ditundanya Piala Dunia U-20 2021 menambah berita buruk bagi dunia sepakbola indonesia setelah kasus persipura dan lelang jabatan. Namun yang menjadi tambah miris dan memprihatinkan adalah, Publik tahu penundaan Piala Dunia U-20 justru dari media sosial," kata Budi dalam siaran pers yang diterima VIVA, Senin 28 Desember 2020.

Yunus Nusi: Saya Ikhlas

"Benar Piala Dunia U-20 ditunda, seharusnya ada pemberitahuan dahulu. Indonesia itu selaku host. Bukan bola liar (media release seperti ini)," sambung pria yang pernah menjabat Deputi Sekjen PSSI 2016 itu.

Ya, kabar soal pembatalan Piala Dunia U-20 pertama kali berhembus dari beberapa media asing seperti ESPN dan RPP. Menariknya, media-media tersebut mengklaim telah mendapatkan konfirmasi dari FIFA. 

Nah, PSSI pun menurut Budi seperti gagap soal isu itu. Tebukti, Plt Sekjen Yunus Nusi saat dibombardir pertanyaan oleh wartawan lokal hanya meminta publik untuk menunggu rilis resmi dari FIFA.

“Dan, jawaban PSSI lagi-lagi tidak memberikan rasa optimisme. Mirip kasus Persipura belum lama ini. Akan kami cek ke FIFA (berita ditundanya Piala Dunia U-20). Akan kami cek ke AFC (kasus Persipura). Kondisi ini menunjukan tidak adanya komuniksi intensif antara PSSI dengan FIFA," ucapnya.

Lebih lanjut, Budi juga menyoroti PSSI yang tetap mengirim Timnas Indonesia U-19 yang awalnya dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021 ke Spanyol.

Photo :
  • PSSI

Budi mengatakan, pemerintah dalam hal ini Kemenpora harus melihat kembali kebijakan subsidi anggaran Rp50,6 Miliar. 

“Menpora sekiranya perlu mempertimbangkan untuk segera mengerem anggaran Timns U-19. Sebab, saat ini pelaksanaan Piala Dunia U-20 Sudah confirm ditunda. Artinya persiapan tim saat ini menjadi mubazir. Mau ngapain ke Spanyol? Bagaimanapun, uang negara harus dipertanggungjawabkan,” tegas Budi


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya