Janji Shin Tae-yong, Timnas Indonesia Bakal Tampil Beda di UEA

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – Timnas Indonesia telah bertolak ke Uni Emirat Arab sebagai persiapan menuju lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Senin 17 Mei 2021. Pelatih Tim Merah Putih, Shin Tae-yong, menjanjikan penampilan yang berbeda dari Nadeo Argawinata cs.

Timnas Uzbekistan Diduga Dopping di Piala Asia U-23 hingga Diblacklist FIFA dan AFC, Benarkah?

Skuad Garuda akan menjalani tiga laga sisa di kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Thailand (3/6), Vietnam (7/6), dan Uni Emirat Arab (11/6). Sebelum itu, mereka akan terlebih dulu melakoni dua laga uji coba kontra Afghanistan (25/5) dan Oman (29/5).

Racikan Shin Tae-yong bakal jadi tumpuan utama bagi Adam Alis cs untuk menyapu bersih kemenangan di tiga pertandingan tersebut. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu sudah mewanti-wanti tak bisa menjanjikan kemenangan. Tujuannya, agar publik tak terlalu berharap tinggi.

Ilaix Moriba, Eks Barcelona yang Jadi Ancaman Timnas Indonesia U-23

Hanya saja, dia berani menjanjikan satu hal. Shin Tae-yong menyebut Timnas Indonesia yang saat ini diasuhnya bakal memberikan penampilan yang berbeda, terutama soal mental.

Pasalnya, ini merupakan kali pertama para penggawa Timnas senior dihuni oleh para pemain muda dengan rata-rata usia 21,8 tahun. Selain itu, hampir seluruh pemain yang dibawa oleh Shin Tae-yong merupakan pilar yang telah diasuhnya sejak lama, terutama dalam persiapan menuju Piala Dunia U-20 yang awalnya bakal dihelat tahun ini.

Tiba di Paris, Timnas Indonesia U-23 Geber Persiapan Hadapi Guinea

"Saya harus katakan pada Ketum dan Exco, saya tak bisa menjanjikan 100 persen kemenangan. Tapi, saya ingin menunjukkan kepada rakyat Indonesia kalau Timnas kita sudah berbeda, terutama dari segi mental," kata eks juru taktik Timnas Korsel dalam acara pelepasan Timnas ke UEA oleh PSSI di Jakarta, Minggu 16 Mei 2021.

"Saya memilih pemain dengan rata-rata usia 21,8 tahun dan itu mungkin jadi sejarah karena Timnas senior dihuni pemain semuda ini. Jadi, harus lebih semangat dan lebih keras lagi berjuang di lapangan," jelasnya.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga meyakinkan PSSI dan publik jika masih banyak ruang bagi para penggawa skuad Garuda untuk berkembang. Dia melihat potensi besar para pemain Indonesia namun harus lebih sering diasah.

"Pemain masih banyak kekurangan tapi punya banyak kesempatan untuk jadi lebih baik. Saya percaya pemain punya potensi untuk jadi lebih baik lagi ke depannya," tutur Shin Tae-yong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya