Timnas U-23 tanpa Merah Putih di Kualifikasi Piala Asia, Ini Kata PSSI

Pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Tajikistan
Pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Tajikistan
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Imbas sanksi Badan Anti-doping Dunia (WADA) mulai merambat setelah pertama kali dialami tim bulutangkis Indonesia di Piala Thomas 2020.

Kini, Timnas Indonesia U-23 terancam tak didampingi bendera Merah Putih saat menyanyikan lagu kebangsaan jelang pertandingan kualifikasi Piala Asia.

Federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF), dalam rilisnya menyatakan selain Indonesia, Thailand juga tidak akan didampingi bendera kebangsaan jelang pertandingan di Grup J.

"Bendera Thailand dan Indonesia tidak akan muncul pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, karena larangan Badan Anti-Doping Dunia (WADA). Bendera nasional Thailand dan Indonesia tidak dapat dikibarkan pada acara-acara besar lainnya selama 1 tahun," bunyi keterangan The ASEAN Football.

"Oleh karena itu, bendera nasional kedua negara tersebut tidak diperbolehkan berkibar pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Keduanya harus menggunakan bendera lain dengan lambang federasi olahraga atau federasi sepak bola sebagai gantinya," tegas penjelasan tersebut.

Sementara PSSI, mengaku belum mendapatkan kepastian. Sekretaris jendral PSSI, Yunus Nusi mengatakan, pihaknya masih menunggu surat resmi dari AFC dan AFF.

"Kami menunggu surat resmi dari AFC dan FIFA tentang larangan tersebut," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada wartawan.