Timnas Indonesia Senasib Belanda soal Spesialis Runner Up

Skuad Timnas Indonesia
Skuad Timnas Indonesia
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Timnas Indonesia dibayangi kutukan runner up saat tampil di Piala AFF 2020. Betapa tidak, prestasi terbaik Skuad Garuda di ajang Asia Tenggara ini hanyalah menjadi nomor dua.

Bicara mengenai Piala AFF, Indonesia memiliki rekor yang kurang baik. Belum sekalipun trofi juara mampir ke Ibu Pertiwi.

Kutukan runner up membayangi Indonesia di Piala AFF. Empat kali melaju ke final, empat kali pula Timnas harus puas menjadi nomor dua. Hal tersebut terjadi pada 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016.

Disadari atau tidak, kutukan tersebut seperti warisan dari Timnas Belanda. Indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun, sehingga banyak peninggalan dari negara tersebut.

Indonesia tercatat sebagai negara Asia pertama yang tampil di Piala Dunia. Dengan nama Hindia Belanda, Tim Merah Putih tampil di Piala 1938 Prancis.

Bukan itu saja, Indonesia juga "diwarisi" Belanda menjadi spesialis runner up. Meski berada di level berbeda, Indonesia dan Belanda sering sial saat tampil di final dan harus puas menduduki posisi kedua.

Pemain Timnas Belanda merayakan gol ke gawang Gibraltar

Pemain Timnas Belanda merayakan gol ke gawang Gibraltar

Photo :
  • twitter.com/OnsOranje