Balas Dendam Terbaik Timnas Indonesia saat Diremehkan di Piala AFF

Timnas Indonesia mengalahkan Singapura
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Nada sumbang bertubi-tubi menghantam Timnas Indonesia di gelaran Piala AFF. Tak sedikit pihak yang meremehkan kekuatan skuad Garuda di ajang dua tahunan ini.

Cek Fakta: Timnas Indonesia Dicoret AFC Gegara Suap Wasit

Sejak awal bergulir, Timnas Indonesia bahkan diprediksi tidak akan lolos dari babak penyisihan. Hal itu lantaran Evan Dimas cs berada satu grup dengan juara bertahan Piala AFF Vietnam dan runner up Malaysia.

Penilaian sebelah mata kepada Timnas Indonesia itu tak lepas dari skuad yang dibawa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Bukti Sahih Timnas Indonesia U-23 Tak Layak Dihukum Penalti

Dari 30 peman yang didaftarkan, mayoritas pemain berusia muda, bahkan banyak yang belum pernah tampil di Piala AFF.

Namun pada kenyataanya, Timnas Indonesia bisa menghancurkan anggapan yang merendahkan itu. Pada partai penentuan fase grup, Indonesia megamuk dan menghancurkan Malaysia 4-1.

Erick Thohir: Timnas Indonesia Punya Generasi Emas

Menpora Zainudin Amali

Photo :
  • VIVA/Adi Suparman

Bahkan, kemenangan itu membuat Indonesia finis sebagai jura Grup B, mengangkangi Vietnam sang juara bertahan. Di babak semifinal, Indonesia kembali memberikan pembuktian.

Mereka menyingkirkan Timnas Singapura yang merupakan tuan rumah. Indonesia menggapai tiket babak final setelah menumbangkan Singapura dengan agregar 5-3.

Kini, Timnas Indonesia selangkah lagi bakal mencetak sejarah. Di partai puncak, Indonesia akan menghadapi Thailand yang berhasil mempecundangi Vietnam 2-0.

Menteri pemuda da olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengapresiasi perjuangan Timnas Indonesia yang terus fokus meski badai kritik mengadang.

Amali menilai, Timnas Indonesia mampu membuktikan bahwa penilaian agak meremehkan itu salah ditujukan kepada mereka. Dalam diam, Indonesia kini telah mencapai babak final.

"Ada komentar-komentar yang agak meremehkan kita. Kita diam-diam saja. Tim Indonesia di Piala AFF 2020 ini adalah  yang kita persiapakan untuk SEA Games. mungkin itulah orang menganggap karena banyak pemain muda, kurang pengalaman dan lain sebagaimanaya," kata Amali kepada wartawan, Senin 27 Desember 2021.

"Dan kita lihat sekarang pemain, pelatih sudah buktikan. Dan sekarang saya berharap supaya mereka konsentrasi di sana dan mereka bisa memberikan yang terbaik," sambungnya.

Timnas Indonesia mengalahkan Singapura

Photo :
  • PSSI

Menpora pun berharap agar masyarakat Indonesia terus memberikan dukungan dan doa kepada Timnas Indonesia, agar bisa meneruskan keganasan mereka hingga jadi juara.

"Saya berharap seluruh masyarakat Indonesia memberikan dukungan dan doa pada perjuangan pemain kita yang sekarang sudah sampai ke final," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya