Jadwal dan Turnamen Debut Sandy Walsh bersama Timnas Indonesia

Sandy Walsh
Sumber :
  • twitter.com/SandyWalsh_

VIVA – Sandy Walsh sudah mendapat restu dari pemerintah untuk menjadi WNI. Proses naturalisasi pemain 26 tahun tersebut sudah mencapai 95 persen dan kemungkinan besar rampung pada April 2022.

Timnas Indonesia U-23 dan Guinea Ternyata Punya Kemiripan, Apa Itu?

PSSI dan Menpora memutuskan bakal mewujudkan naturalisasi Sandy Walsh agar bisa membela timnas Indonesia, bersama pemain keturunan lainnya, Jordi Amat.

Sandy Walsh juga telah mempersiapkan dirinya untuk menjadi WNI yang baik. Pemain  KV Mechelen di Liga Belgia itu mulai intens kursus Bahasa Indonesia. 

Kaba Diawara Siapkan 19 Pemain Terbaik Guinea untuk Jegal Timnas Indonesia ke Olimpiade 2024

Hasrat Sandy untuk memperkuat Timnas Indoensia sudah ada sejak 5 tahun lalu ketika Timnas Indonesia di tangani Luis Milla.

Kini, setelah lima tahun menanti, keinginannya tak berkurang dan ia berharap dapat debut di timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 di bulan Juni 2022.

Menpora Yakin Timnas Indonesia U-23 Libas Guinea

"Saya telah menunggu sangat lama untuk hal ini. Mereka tahu saya sangat termotivasi dan sekarang sudah 90-95 persen (proses naturalisasinya)," ungkap Sandy, dilansir GVA.

"Pada April saya harap sudah bisa resmi, karena saya menunggunya sudah sangat lama. Ada 3 pertandingan untuk menentukan kami ikut Piala Asia 2023 atau tidak. Akan sangat bangga bila saya debut di laga tersebut," tambahnya.

Permintaan Shin Tae-yong

Lebih lanjut, Sandy mengakui pelatih Shin Tae-yong memang jadi sosok yang sangat menginginkannya di timnas Indonesia.

Bahkan Shin Tae-yong berusaha mengubungi Sandy tiap kali mengadakan pertemuan dengan PSSI.

"Hal itu (ketertarikan membela timnas Indonesia) bermula saat tahun terakhir saya di racin Genk (2017). Sekarang ada pelatih timnas Shin Tae-yong yang sangat percaya kepada saya," ucapnya.

"Dalam setiap pertemuan dengan federasi, dia memaksa menghubungi saya," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya