Pengakuan Mengejutkan Shin Tae-yong Soal Kemenangan Timnas U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong.
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA

VIVA – Timnas Indonesia U-23 merebut medali perunggu SEA Games 2021 cabang olahraga sepakbola setelah pada perebutan posisi ketiga mengalahkan Malaysia 4-3 (1-1) lewat adu penalti di Stadion My Dinh,  Hanoi, Vietnam, Minggu 22 Mei 2022.

Dalam laga itu, striker Ronaldo Kwateh membuka kemenangan pada menit ke-69. Malaysia kemudian menyamakan kedudukan lewat Muhammad Hadi pada menit ke-80. 

Di babak adu penalti, Ernando Ari Sutaryadi tampil gemilang. Dia berhasil menggagalkan dua tendangan pemain Malaysia. Aksi ciamknya itu akhirnya membuat Indonesia mengobati luka gagal ke final.

Usai pertandingan, pelatih Timnas U-23 Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa timnya beruntung bisa menang. Sebab, dia hanya punya 14 pemain untuk laga kontra Malaysia.

Pada laga ini, tim Garuda kehilangan Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, dan Firza Andika karena skorsing kartu merah.

Sementara itu, kondisi Egy Maulana Vikri yang duduk di bangku cadangan belum fit usai mengalami cedera saat jumpa Thailand di semifinal.

"Pertandingan ini sangat sulit bagi kami, tetapi kami bisa mendapatkan kemenangan karena keberuntungan, menangnya pun lewat adu penalti," kata Shin Tae-yong usai laga Indonesia vs Malaysia.