Indonesia Sulit Kalahkan Thailand, Shin Tae-yong Sindir Liga

Timnas Indonesia U-19 melawan Thailand
Sumber :
  • instagram

VIVA Bola - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, belum pernah sekali pun berhasil memenangkan laga kontra Thailand selama dia membesut skuad Merah-Putih di segala kelompok usia.

Terpopuler: Oxford United Menang di Semifinal, Marselino Ferdinan Jadi Captain Tsubasa

Dari lima kali pertemuan melawan Thailand, Shin Tae-yong memaksa Timnas Indonesia 3 kali seri dan 2 kalah.

Pertemuan pertama Timnas Indonesia di bawah Shin Tae-yong terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Putaran Kedua Grup G. Pelatih asal Korea Selatan itu tak mampu memberikan kemenangan buat timnas senior lantaran hanya bisa menahan imbang Thailand 2-2.

Roberto Mancini Kagumi 4 Pemain Timnas Indonesia U-23, Termasuk yang Dicap Egois oleh Netizen

Saat final Piala AFF 2020, STY juga tak bisa membawa skuad mengalahkan Thailand. Pasukan Merah Putih justru takluk 0-4 pada leg pertama dan bermain seri 2-2 di leg kedua.

Kemudian, Shin Tae-yong gagal mengantarkan Timnas Indonesia U-23 menaklukan Thailand usai kalah 0-1 dalam pertandingan semifinal SEA Games 2021. 

Maarten Paes Gagalkan Penalti Eks Juventus, FC Dallas Tetap Kalah

Teranyar, eks pelatih Timnas Korsel di Piala Dunia 2018 itu, tak mampu membawa Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Thailand U-19 dalam pertandingan ketiga Grup A Piala AFF 2022, di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, pada Rabu 6 Juli 2022.

Catatan ini memang tidak terlalu dianggap sebagai permasalahan serius oleh Shin Tae-yong. Dirinya cukup yakin Timnas Indonesia yang ditanganinya bisa mengalahkan Thailand ke depannya.

Namun, STY justru menyindir soal perbedaan kualitas antara liga di Indonesia dengan di Thailand. Menurutnya, Thailand bisa sulit dikalahkan karena memiliki perkembangan sepakbola yang maju, termasuk soal kualitas kompetisi domestiknya.

"Mungkin dilihat saja bagaimana perbedaan kualitas Liga Thailand dan Liga Indonesia dengan sistem pengembangan usia mudanya seperti apa. Jadi begitu saya jadi pelatih kepala, tidak juga kami bisa langsung menang melawan Thailand," ujar Shin Tae-yong.

"Jerman dengan proyeknya baru 10 tahun juara. Indonesia kemarin ada pandemi dan liga baru bergulir, sistem pengembangan usia muda juga, jadi saya mohon kepada fans untuk dukung timnas dengan maksimal," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya