Waduh, Kapten Timnas Vietnam Tolak Salaman dengan Pemain Indonesia

Duel Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam
Duel Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/foc.

VIVA Bola – Kapten Timnas Vietnam U-16 Nguyen Cong Phuong menolak bersalaman dengan pemain Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022.

Kejadian tersebut terekam pada prosesi pengalungan medali di akhir laga Indonesia vs Vietnam. Saat prosesi tersebut juara kedua dan ketiga mendapat kesempatan naik ke podium. Vietnam peringkat kedua dan Thailand sebagai peringkat ketiga setelah membungkam Myanmar.

Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16

Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16

Photo :
  • www.instagram.com/pssi/

Di sinilah situasi tidak mengenakan terjadi, ketika pengalungan medali kepada Vietnam, kapten mereka Cong Phuong bertindak tidak sportif dengan tidak menyalami pemain Timnas Indonesia yang jadi pagar kehormatan menuju podium.

Saat itu Timnas Garuda Muda berbaris di kedua sisi jalan menuju panggung dengan membentuk barisan. Hanya saja, Cong yang bertindak sebagai kapten Vietnam yang memimpin rekan-rekannya ke podium tidak memberikan tangan kepada pemain Indonesia.

Terlihat, sikap Cong malam itu sangat kecewa dan campur aduk. Dia hanya menatap lurus ke depan dengan tatapan kosong. Sikapnya juga berbeda dengan para pemain Vietnam lainnya.

Meski demikian, kiper Vietnam Pham Dinh Hai malam itu tetap menunjukan rasa sportivitasnya dengan menjabat tangan Pemain Timnas Indonesia atau Garuda Muda.

Duel Timnas U-16 versus Vietnam di laga final Piala AFF U-16 2022

Duel Timnas U-16 versus Vietnam di laga final Piala AFF U-16 2022

Photo :
  • PSSI.org

Sebelumnya, Dalam laga Final Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia berhasil menaklukkan Vietnam dengan skor 1-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat, 12 Agustus 2022.

Pertandingan malam itu berlangsung ketat sejak awal babak. Gol kemenangan Indonesia dicetak gelandang Muhammad Kafiatur Rizky pada menit injury time babak pertama.

Tercatat, gelar yang berhasil diraih Timnas U-16 ini merupakan gelar kedua setelah sebelumnya menjuarai AFF U-16 2018 usai singkirkan Thailand lewat adu penalti di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada 11 Agustus 2018.

Empat penendang penalti Indonesia, Sutan Zico, Bagus Kahfi, Rendy Juliansyah, dan David Maulana berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Sementara Thailand hanya mampu menyarangkan tiga bola, dua lainnya dapat ditepis oleh kiper Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi.