Ada Spanduk Hatur Nuhun Iwan Bule Jelang Timnas Indonesia Vs Curacao

Spanduk Hatur Nuhun Iwan Bule
Sumber :
  • VIVA / Dede Idrus

VIVA – Sebuah spanduk yang ditujukan kepada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan terbentang di Stadion Gelora Bandung Lautana Api (GBLA), Bandung, jelang laga FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Curacao, Sabtu 24 September 2022.

Bukti Sahih Timnas Indonesia U-23 Tak Layak Dihukum Penalti

Spanduk itu bertuliskan "Maju Terus Timnas Indonesia" yang diikuti kalimat "Hatur Nuhun Iwan Bule" di bawahnya. Belum jelas siapa yang memasang spanduk tersebut. Namun foto spanduk itu pun menjadi viral di sosial media.

Sejumlah warganet memberi komentar miring dan menganggap bahwa spanduk tersebut berbau dukungan politik.

Erick Thohir: Timnas Indonesia Punya Generasi Emas

Duel Indonesia melawan Curacao sebelumnya memang penuh kontroversi. Salah satunya polemik tentang lokasi atau venue laga pertandingan.

Pasalnya, laga Timnas Indonesia vs Curacao yang digelar sebanyak dua kali tersebut dihelat di lokasi yang sama, yakni Provinsi Jawa Barat.

Timnas Indonesia U-23 Banjir Ucapan Terima Kasih dari Netizen

Selain GBLA, Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat juga dipilih PSSI untuk laga Timnas Indonesia kontra Curacao.

Banyak pihak atau warganet menilai, pemilihan Jawa Barat sebagai lokasi pertandingan dilatarbelakangi oleh kepentingan oknum-oknum tertentu.

Di sisi lain, laga melawan Curacao merupakan bagian dari persiapan Timnas Indonesia tampil di Piala Asia 2023 mendaang. 

Curacao saat ini tercatat berada di posisi ke-84 dalam Ranking FIFA per 25 Agustus 2022. Negara Kepulauan Karibia itu mengoleksi poin 1293,35. 

Armada Remko Bicentini itu masih lebih baik dari sejumlah negara menengah di Asia seperti Bahrain, Yordania, hingga Suriah.

Perbedaan posisi Curacao dengan timnas Indonesia sangat jauh. Skuad Garuda bercokol di urutan ke-155 ranking FIFA dengan 1019.19 poin. Berarti, Timnas Indonesia terpaut 71 tangga dari Curacao dalam pemeringkatan anggota FIFA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya