PSSI Bersurat ke FIFA Soal KLB, Sejumlah Klub Liga 1 Berharap Kompetisi Segera Bergulir Lagi

Laga Liga 1, Dewa United vs PSM Makassar
Sumber :
  • Twitter @dewaunitedfc_

VIVA Bola – Sejumlah klub berharap kompetisi sepakbola di Indonesia segera digulirkan kembali pasca Tragedi Kanjuruhan. Sebab, tak sedikit pihak yang menggantungkan hidupnya dari sepakbola.

Alasan Cerezo Osaka Tolak Lepas Justin Hubner ke Indonesia U-23

Terhitung sudah satu bulan sepakbola Indonesia mati suri akibat Tragedi Kanjuruhan yang menimbulkan 135 korban jiwa dan lebih dari 600 orang luka-luka.

Imbas dari kejadian tersebut, PSSI sebagai otoritas tertinggi sepakbola Tanah Air memutuskan untuk menghentikan sementara kompetisi. Awalnya selama dua pekan, namun diperpanjang hingga waktu yang belum ditentukan.

Elkan Baggott Dipastikan Tak Gabung Indonesia U-23

Pasalnya, semua pihak merasa peristiwa memilukan tersebut harus diusut tuntas. Sekaligus menjadi momentum transformasi sepakbola nasional.

Laga Liga 1, Dewa United vs PSM Makassar

Photo :
  • Twitter @dewaunitedfc_
Insiden Pemain Timnas Malaysia Faisal Halim Disiram Air Keras, PSSI: Kami Turut Prihatin

PSSI pun diketahui telah mengirimkan surat kepada FIFA bahwa akan menyelenggarakan Kongres Luar Biasa (KLB) yang dilakukan untuk memilih ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota Komite Eksekutif (Exco). Bila semua sesuai restu FIFA, maka KLB akan digelar pada 18 Maret 2023.

KLB diharapkan bisa menjadi kunci dimulainya kembali kompetisi lantaran menjadi salah satu rekomendasi TGIPF pada pemerintah.

Kepastian itu disambut baik oleh sejumlah klub peserta Liga 1. Salah satunya Dewa United. Mereka berharap kompetisi bisa bergulir lagi secepatnya.

"Semoga dengan rencana digelarnya KLB PSSI yang dipercepat, maka liga dapat segera dimulai dalam bulan-bulan ini,” kata CEO Dewa United FC, Ardian Satya Negara di Jakarta, Selasa 1 November 2022.

Sebagai klub pendatang baru di Liga 1, Ardian berharap penyelenggaraan liga Indonesia dapat dikelola secara profesional. Ia ingin penyelenggaraan KLB PSSI itu bisa memberikan perbaikan kepada sepakbola Indonesia.

“Kami berharap liga dapat dikelola lebih profesional lagi sehingga dapat menciptakan ekosistem yang sehat serta industri yang maju untuk persepakbolaan Indonesia,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh PSM Makassar. Mereka mendesak PSSI segera memastikan kelanjutan kompetisi.

"Tentu klub akan merugi kalau Liga kita semakin lama tanpa kepastian. Jadi PSM desak kelanjutan Liga 1," kata Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim.

Sementara itu, Chief Operating Officer (COO) Bhayangkara FC, Sumardji, merespons surat yang telah dikirim PSSI kepada FIFA terkait penyelenggaraan KLB.

Ia mengatakan, pada prinsipnya Bhayangkara akan mengikuti keputusan yang sudah dikeluarkan Exco PSSI. Hal terpenting saat ini, keputusan tersebut dapat bermanfaat kepada semuanya, terutama peserta liga.

“Supaya Liga 1 segera diputar kembali, termasuk Liga 2. Jadi jangan terus dengan sudah disepekati adanya KLB ini dimajukan, tapi liga malah tidak berjalan,” kata Sumardji.

Madura United vs Bhayangkara FC di Liga 1

Photo :
  • instagram.com/bhayangkarafc

Pria yang juga menjabat sebagai Dirlantas Polda Bengkulu ini mengatakan, dengan tidak adanya kepastian penyelenggaraan kompetisi maka klub menderita. Ia menegaskan klub hanya ingin adanya kepastian kompetisi kembali berjalan.

“Tentunya kami berharap dengan KLB, semoga saja dapat menghidupkan kembali liga dan semua yang terkait dengan sepakbola," tutur dia.

Sementara itu dalam unggahan di laman resmi, PSSI memberikan laporan kepada FIFA bahwa KLB untuk memilih ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Komite Eksekutif (Exco) akan digelar pada 18 Maret 2023.

Laporan tersebut dituangkan PSSI dalam surat bernomor 4452/ULN/537/X-2022 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi. Surat itu ditujukan kepada Sekretaris Jenderal FIFA Fatma Samoura.

Sebelum KLB, PSSI juga memberitahukan kepada FIFA bahwa akan ada kongres untuk menetapkan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) pada 7 Januari 2023.

PSSI menunggu persetujuan dan rekomendasi FIFA terhadap laporan tersebut sampai 7 November 2022 agar segera mengabarkan semua anggotanya soal KLB dan tahapan-tahapannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya