Tingkatkan Level Sepakbola Indonesia, 24 Pelatih Ikuti Kursus Pelatih Lisensi AFC Pro

PSSI menggelar kursus kepelatihan Lisensi AFC Pro
Sumber :
  • PSSI

VIVA Bola – PSSI kembali menggelar kursus kepelatihan Lisensi AFC Pro modul tiga. Modul tiga terfokus pada Football session yang dilaksanakan secara langsung alias tatap muka di Kota Tangerang Selatan, Banten pada 9-19 Januari 2023.

Terpopuler: Marselino Ferdinan Negara Lucu, Elkan Baggott Gabung Timnas Indonesia U-23

Kursus pelatih Pro AFC adalah kursus yang tertinggi lisensinya di tingkat Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). 

Adapun persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk ikut kursus Pro AFC, yakni memiliki lisensi A AFC/UEFA dan masih aktif melatih tim/klub senior atau tim nasional.

Dua Pemain Indonesia Dikirim ke Jerman, Berpeluang Direkrut Borussia Monchengladbach

Kursus kepelatihan Lisensi AFC Pro modul tiga ini diikuti 24 pelatih ternama Indonesia. Adapun untuk Instrukturnya, adalah Moh. Basir Instruktur FIFA - AFC.

Pria asal Singapura itu sekarang bekerja untuk Departemen Coaching Education FIFA yang dibantu oleh Yeyen Tumena dan Mundari Karya selaku asisten instruktur.

Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia U-17 Wanita di Piala Asia

Yeyen Tumena mengatakan kursus kepelatihan Lisensi AFC Pro ini merupakan program utama PSSI untuk menambah jumlah pelatih lokal yang memiliki linsensi Pro.

"Sebenarnya program ini sudah kita kami canangkan pada 2020. Tapi karena pandemi kami tidak bisa mendatangkan Instruktur dari luar negeri," kata Yeyen kepada wartawan.

Lebih lanjut, Yeyen mengungkapkan banyaknya jumlah pelatih Indonesia yang memiliki lisensi pro otomatis akan menaikan level sepakbola Indonesia. Hal itu sudah terbukti pada sepakbola Jepang yang saat ini berkembang pesat.

Sebenarnya yang dibutuhkan sangat banyak. Tidak usah berkaca pada Eropa, di Jepang saja mereka sudah punya ribuan pelatih pro sehingga itu mengangkat level sepakbolanya. Karena kualitas pemain ditentukan oleh kualitas pelatihnya," ucap Yeyen.

"Tidak ada pemain hebat tanpa pelatih hebat. karena itu, kurusu pelatih ini menjadi program utama bagi PSSI untuk mengangkat jumlah pelatih Pro di Indonesia . Dan ini kembali pada klub lisensi AFC dimana pelatih Liga 1 harus memiliki lisensi Pro," sambungnya.

Kursus kepelatihan Lisensi AFC Pro ini terdiri dari tujuh modul. Selanjutnya, pada modul keempat para peserta akan berkunjung ke salah satu klub di Turki pada Maret 2023. 

"Modul kelima ujian praktek dan modul sepakbola. Modul keenam Match Analisa Piala Dunia U-20 di Indonesia dan modul ketujuh adalah ujian terakhir. Para pelatih akan datang ke klub masing-masing," jelas Yeyen.

Di sisi lain, pada tahun 2022, PSSI telah banyak menggelar kursus, diantaranya lisensi C PSSI Goalkeeping Coaching Course sebanyak 2 Gelombang pada September - Oktober 2022.

Kemudian PSSI mengadakan Kursus B AFC Goalkeeping Coaching Course pada Desember 2022. Serta 3 Gelombang untuk Kursus A PSSI Diploma selama tahun 2022.

Selanjutnya, Lisensi A PSSI Diploma Gelombang 3 Modul 2 di tanggal 24 Oktober - 5 November 2022, dengan Instruktur Yeyen Tumena dan Mundari Karya. 

Lalu ada satu terobosan lain, yakni kursus kepelatihan Lisensi C PSSI yang berlangsung di Jimbaran, Bali, mulai 1 hingga 15 November 2022 kolaborasi antara Kemenpora dan PSSI.

Daftar Peserta Kursus AFC Pro Diploma Modul 3:

1. Agus Sugeng Riyanto

2. Bima Sakti

3. Eko Purdjianto

4. Fakhri Husaini

5. Firmansyah

6. Francis Raynald Wewengkang

7. H. Syamsuddin Battola

8. Hendri Susilo

9. Imran Nahumarury

10. Jafri Sastra

11. Kartono Pramdhani, M.pd

12. Kas Hartadi

13. Lukas Torona Tumbuan

14. M. Alhadad

15. Mahruzar Nasution

16. Miftahudin

17. Muhamad Yusup Prasetiyo

18. I Putu Gede Dwi Santoso

19. Rasiman

20. Ricky Nelson

21. Yopie Riwoe

22. Sudirman

23. Uston Nawawi

24. Yogie Nugraha

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya