Park Hang-seo Bangga Vietnam Akhiri Catatan Buruk Lawan Indonesia di Piala AFF

Pelatih timnas Vietnam, Park Hang-seo
Sumber :
  • instagram.com/vietnamfootball_vnf/

VIVA Bola – Untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala AFF, Timnas Vietnam bisa mencatatkan kemenangan ketika berhadapan dengan Timnas Indonesia. Kemenangan itu didapat tim berjuluk The Golden Stars saat menjalani leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di My Dinh Stadium, Senin malam WIB 9 Januari 2023.

PSSI Ungkap Alasan STY Ogah Panggil Elkan Baggott ke Timnas Indonesia: Belum Butuh

Bermain di hadapan publik sendiri, Vietnam membuat Indonesia takluk dua gol tanpa balas. Adalah Nguyen Tien Linh yang jadi pencetak gol Vietnam pada menit ketiga dan 47.

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo amat bangga dengan kemenangan ini. Catatan apik Indonesia ketika berhadapan dengan Vietnam di Piala AFF kini terhenti.

Cek Fakta: Timnas Indonesia vs Portugal Pada September 2024

Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2022

Photo :
  • pssi.org

"Pertama kami harus mengatakan, bahwa kami telah melewati masa 26 tahun tanpa kemenangan atas Indonesia di Piala AFF," kata Park Hang-seo, dikutip dari Zing.

Selain Elkan Baggott, Ini 6 Pemain yang Tak Dipanggil Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala Dunia

Sejak awal Park Hang-seo sudah mengingatkan para pemain Vietnam. Juru taktik asal Korea Selatan itu meminta anak asuhnya untuk maksimal dan menghentikan tren positif Indonesia kala melawan mereka.

"Sebelum pertandingan, saya mengatakan kepada anak-anak untuk mematahkan catatan ini," tuturnya.

Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2022

Photo :
  • pssi.org

Yang membuat bangga Park Hang-seo adalah memutus tren positif Indonesia, dan kemudian pesta karena berhasil sampai ke final Piala AFF 2022. Para pemainnya diberi apresiasi.

"Hari ini saya memecahkannya. Lebih penting lagi, Vietnam telah mencapai final. Saya bangga dengan para pemain yang telah memberikan terbaik pada hari ini," ujar Park Hang-seo.

Sebelumnya, Indonesia dan Vietnam telah bertemu selama sembilan kali sejak Piala AFF pertama kali digelar pada 1996. Dari semua itu, enam kali imbang, dan tiga untuk kemenangan Skuad Garuda.

Dua dari tiga kemenangan tersebut didapatkan Indonesia ketika bertemu Vietnam pada babak semifinal. Kemenangan didapatkan Indoensia pertama kali pada Piala AFF 2000 setelah unggul 3-2 melalui babak tambahan.

Pada Piala AFF 2016, format semifinal sudah berlaku yang dua pertemuan. Saat main di markas sendiri, Indonesia bisa menang 2-1 atas Vietnam.

Pada edisi ini, Vietnam yang harus gigit jari karena gagal lolos ke final. Mereka ditahan imbang 2-2 oleh Indonesia ketika menjadi tuan rumah leg kedua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya