Cek Fakta: Timnas Indonesia vs Portugal Pada September 2024

Timnas Portugal vs Timnas Uruguay di Piala Dunia 2022
Sumber :
  • AP Photo/Petr David Josek

Jakarta – Kabar Timnas Indonesia akan bertanding melawan Timnas Portugal pada September 2024 santer berhembus di media sosial.

Aksi Nyata Relawan Bakti BUMN Batch V dalam Peringatan Harkitnas 2024

Kabar tersebut salah satunya dibagikan oleh akun Facebook Dukung Timnas Indonesia, pada Minggu 12 Mei 2024.

“SELAMAT DATANG GOAT RONALDO. LAGA PANAS INDONESIA VS PORTUGAL (RONALDO) AKAN DI GELAR BULAN SEPTEMBER. MANTUL GEES,” demikian narasi unggahan.

Irak Cuma Lakukan Persiapan Singkat, Timnas Indonesia Diremehkan?

Dalam unggahan tersebut, terdapat foto yang menampilkan kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam dan Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo serta di tengah-tengah terdapat foto KEtua Umum PSSI Erick Thohir.

Erick Thohir Ungkap Alasan Pilih Peruri Jadi GovTech Indonesia

Hingga Jumat 17 Mei 2024 sin, unggahan itu telah mendapatkan 2,8 ribu like dan 40 kali dibagikan ulang. Unggahan itu juga mendapatkan 161 komentar. Tidak sedikit komentar yang percaya dengan narasi yang dibuat.

Berdasarkan penelusuran VIVA di laman resmi maupun media sosial PSSI, tidak didapati informasi terkait laga Timnas Indonesia vs Portugal. Pada bagian jadwal pertandingan selanjutnya, hanya terdapat laga Indonesia vs Irak yang akan berlangsung pada 6 Juni 2024 dan Filipina pada 11 Juni 2024.

Lebih lanjut, dalam laporan Bola.com dan Suara.com terdapat tanggapan PSSI terkait hal ini.

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, menyebut kalau kemungkinan partai persahabatan antara Indonesia melawan Portugal sulit terwujud tahun 2024.

"Tahun ini sangat padat. Saya tidak tahu apa ada ruang untuk mengundang Timnas kuat. Kita lihat saja bagaimana nanti. Tapi tahun depan kalau kosong, mungkin kita cari lawan yang hebat," katanya di, Senayan, Sabtu 11 Mei 2024.

Pemain Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan (kanan)

Photo :
  • pssi.org

Dalam laporan Kominfo, informasi serupa sempat mendapat cap hoaks pada Juli 2023 lalu. Saat itu Timnas Portugal dan Indonesia juga diisukan bakal bertanding pada 28 Juli 2023.

Itu artinya, narasi yang menyebut Timnas Indonesia akan melawan Portugal pada bulan September mendatang adalah tidak benar alias hoaks. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya