Respons Pelatih Suwon FC Usai Pratama Arhan Kena Kartu Merah saat Debut

Pelatih Suwon FC, Kim Eun Jung
Sumber :
  • KFA

VIVA – Pelatih Suwon FC Kim Eun Jung akhirnya memberikan kepercayaan kepada Pratama Arhan untuk tampil di K League.

STY Ngeluh Soal Lini Depan, Erick Thohir Punya Solusinya: Striker Belanda Keturunan Medan

Setelah sempat tidak yakin dengan kondisi fisik sang pemain, Kim Eun Jung pada akhirnya memasukkan nama bek Timnas Indonesia itu ke dalam skuadnya saat bertandang ke markas Jeju United dalam lanjutan Liga Korea alias K League, Minggu 26 Mei 2024.

Dia masuk dalam skuad untuk kali pertama masuk ketika bertandang ke. Suwon FC tertinggal 0-1 lantaran kebobolan oleh gol Seo Jin Su di menit ke-12.

Kata Erick Thohir Soal Proses Naturalisasi Bek Copenhagen Kevin Diks

Pada menit ke-72, Suwon FC lalu memutuskan menurunkan Pratama Arhan menggantikan Jeong Dong Ho. Pratama Arhan menempati posisi full back kiri yang merupakan posisi favoritnya. 

Begitu turun ke lapangan, Arhan coba tampil agresif melakukan pressing. Ia mengejar bola hingga ke daerah pertahanan lawan. Saat bola bergulir di sisi kanan pertahanan lawan pada menit ke-73, Arhan coba mengejar. Bek tengah Jeju United, Rim Chang Woo lebih dulu berhasil menguasai bola. 

Pemain Belanda Ini Tertarik Bela Timnas Indonesia, Keturunan Gombong Jateng

Kaki Pratama Arhan lalu terlihat menjegal kaki Rim Chang Woo saat ia juga berusaha menggapai bola. Rim Chang Woo terjatuh. Setelah momen itu, wasit Kim Woo Sung memutuskan untuk melihat insiden lewat VAR.  
 
Setelah pertandingan sempat tertunda selama tiga menit, wasit akhirnya memutuskan memberikan kartu merah langsung pada Pratama Arhan. Kurangnya jumlah pemain membuat Suwon yang tertinggal makin sulit untuk menymakan kedudukan. 

Alhasil, Suwon FC kalah dengan skor 0-1. Dengan kartu merah ini, Arhan dipastikan tidak akan bermain untuk Suwon di laga pekan depan. 

Terkait kartu merah yang didapat Arhan, PKim Eun Jung memiliki harapan agar Arhan bisa terus bertumbuh sebagai seorang pesepakbola.

"Dia berusaha, bekerja keras dan secara tidak sengaja dikeluarkan [wasit]. Saya harap dia bisa bertumbuh menuju level lain melalui pengalaman ini," ucap Eun Jung seperti dilansir dari Naver. 

Kartu merah ini membuat Arhan dipastikan tidak akan bermain untuk Suwon di laga pekan depan. Merujuk Jadwal, Suwon bakal menghadapi Daegu pada Rabu 29 Mei 2024. Ada kemungkinan, Arhan akan langsung meninggalkan Suwon usai pertandingan malam ini. 

Pasalnya, dia masuk dalam daftar pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday Juni 2024. Adapun pemusatan latihan akan berlangsung mulai Senin 27 Mei 2024 di Jakarta.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya