Menyongsong Liga 2 di Musim dan Nama yang Baru

Logo Liga 2
Sumber :
  • Ligaindonesiabaru

VIVA – Keputusan dihentikannya Liga 2 2022/2023 oleh kepengurusan lama PSSI pada 13 Januari 2023 lalu tidak berubah. Hal itu lantaran klub Liga 2 sudah sepakat untuk berhenti.

PSSI Minta Maaf Usai Komentar Rasis Serbu Instagram Federasi Sepakbola Guinea

Pada akhirnya, dalam Sarasehan Sepakbola Indonesia yang digelar di Surabaya pada Sabtu 4 Maret 2023, disepakati untuk memulai musim baru 2023/2024.

Rencananya, kompetisi kasta kedua sepakbola nasional ini bakal dihelar pada November mendatang. Hal ini sebagaimana dikonfirmasi Ketum PSSI, Erick Thohir.

Ini Netizen Indonesia yang Rasis ke Guinea Usai Timnas Indonesia U-23 Gagal Lolos Olimpiade

"Saya pernah menyatakan bahwa insan sepakbola nasional yang harus putuskan mau dibawa ke mana arahnya. Sarasehan itu mempertemukan semua pemilik klub liga, baik liga 1 dan liga 2," kata Erik.

"Karena itu, kesepakatan tidak melanjutkan Liga 2 untuk menatap perubahan dan perbaikan di masa depan, yakni dengan menggelar turnamen pra musim, lalu memulai musim 2023/2024 pada November," sambungnya.

Sikap PSSI soal Aksi Memalukan Fans Timnas Indonesia Usai Dikalahkan Guinea

Dalam jumpa pers yang didampingi Waketum, Ratu Tisha dan Arya Sinulingga, anggota exco PSSI, Erick menambahkan prinsip keterbukaan yang dianut membuat dirinya tidak mungkin arogansi untuk memutuskan segala hal.

"Saya hanya menginginkan antara kedua Liga tidak saling tumpang tindih. Sama-sama egaliter. Dengan adanya jadwal berbeda, ada jeda, ini bagus untuk mempromosikan liga 2 yang selama ini ada di bawah bayang-bayang liga 1," ucapnya.

Apalagi dengan hanya bermain di tengah minggu dan tidak diakhir pekan sehingga tidak bisa dijual ke TV atau meraih banyak penonton ke stadion," jelasnya.

Ia juga menjelaskan dengan hasil sarasehan yang merupakan kesepakatan oleh para pemilik liga 1 dan liga 2 justru banyak terobosan yang dihasilkan. Salah satunya soal Liga 2 yang akan menjadi pengelola liganya sendiri.

Kemudian, Liga 1 dan Liga 2 akan memiliki nama baru di kompetisi musim depan. Liga 1 berganti nama menjadi Liga Indonesia, sedangkan Liga 2 menjadi liga nusantara.

"Ya, kalo mengenai operator PT Liganya nanti kan seperti di Liga 1 mereka menunjuk komisaris utama dan direktur utama. Nanti di Liga 2 juga seperti itu," tambahnya.

Menurut Erick, PSSI akan bertindak sebagai wasit untuk menjaga Liga 1 dan Liga 2 berlangsung sesuai regulasi kompetisi.

"Siapa pun yang ditunjuk kita tidak ikut campur yang saya akan ikut campur mereka tidak akan saling bunuh dalam berkompetisi. Kan mesti ada wasitnya, itu yang saya akan jaga kriteria-kriteria yang disepakati selama Sarasehan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya