Sikapi Catatan PSSI, Ini Usulan Gubernur Sumsel untuk Stadion Jakabaring Jelang Piala Dunia U-20

Ketum PSSI Erick Thohir sambangi Stadion Jakabaring Palembang
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana

VIVA Bola – Sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U 20 2023, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, terus memastikan kesiapan, mulai dari Stadion hingga antusiasme warga untuk menyambut perhelatan bergengsi ini.

Klub Milik Anindya Bakrie dan Erick Thohir Lolos ke Final Promosi Championships

Pernyataan ini, dia sampaikan saat mendampingi Menteri BUMN yang juga selaku Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Menpora RI, Zainudin Amali, mengecek Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) di Kompleks Jakabaring Sport City (JSC), dalam rangka persiapan penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2023, Sabtu, 11 Maret 2023.

Herman Deru mengatakan, sebagai tuan rumah Sumatera Selatan hampir dikatakan secara fisik tidak ada koreksi. Bahkan, menurutnya, sejak awal Palembang menjalani host agreement hingga kini terus berbenah.

Banjir di OKU Sumsel Rendam 10 Kelurahan, 1 Jembatan Gantung Putus dan 1.695 KK Terdampak

Mulai dari pengerjaan rumput, pembuatan royal box bagi tamu VVIP di Stadion Jakabaring, serta pembuatan tangga untuk langsung menuju tribun utama yang semuanya telah selesai dilakukan. Lampu stadion juga telah ditambah dan proses penggantian papan skor sedang dikerjakan Kementerian PUPR.

Namun, kata Herman Deru, ada catatan kecil dari PSSI terkait pemotongan pagar di Tribun VVIP dan terpal penutup di lintasan lapangan. Dia berjanji catatan itu siap dikerjakan secepatnya.

Alasan Cerezo Osaka Tolak Lepas Justin Hubner ke Indonesia U-23

Areal komplek olahraga Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatra Selatan

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Herman Deru menegaskan, akomodasi seperti hotel, rumah sakit dan penunjang lainnya juga sudah dipersiapkan dengan matang. Bahkan, dia ingin pesepakbola dunia memanfaatkan LRT, sehingga dapat diusulkan ke FIFA.

"Untuk transportasi, pak Menteri BUMN mempunyai ide brilian agar para pesepakbola nanti naik LRT. Saya mohon ini untuk dimasukkan usulan ke FIFA," kata Herman Deru.

Sambut dengan Sukaria

Namun, menurut Herman Deru, yang paling penting adalah agar masyarakat dalam menyambut kegiatan ini dengan penuh sukaria dan menyambut para tamu yang datang dengan baik.

"Mari kita menyambut ini dengan penuh sukaria, tapi tentu tetap menjaga antusiasme dengan moril yang benar. Sehingga FIFA merasa nyaman, termasuk para pesepakbola nanti yang datang," tuturnya.

Meninjau Stadion Jakabaring sebelum Piala Dunia U-20 dimulai

Photo :
  • VIVA/Saddam Maulana

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, kunjungan ini untuk memastikan dan mengecek stadion GSJ sebelum kunjungan FIFA pada 21-27 Maret mendatang.

"Peninjauan ini ingin mengecek ulang jangan sampai nanti ada kekurangan yang mengakibatkan pengurangan jumlah stadion yang sudah disiapkan," jelasnya.

"Alhamdulilah, Pak Gubernur turun tangan langsung dan kita bisa lihat lapangan latihan. Termasuk Kementerian PUPR RI sangat mendukung maksimal. Ada 3 lapangan latihan, semua dalam kondisi yang baik," kata Erick Tohir. 

Kemudian, lanjut Erick, ada penambahan dari FIFA mengenai penambahan VIP dan lampu. Menurut Erick, titik pertama ini menjadi titik yang baik. Dan diharapkan kedatangan FIFA bisa mendukung Stadion di Sumatera Selatan sebagai tempat Piala Dunia U-20.

"Jadi habis ini kita akan kembali mengecek ke Bandung melihat situasi di sana," ungkap Erick.

Di tempat yang sama, Menpora Zainudin Amali mengatakan, bahwa di Palembang memiliki empat lapangan latihan yang bertaraf internasional. Salah satunya yakni Stadion Bumi Sriwijaya.

Kemudian tiga Stadion lainnya ada di JSC dan dekat dengan venue utama, yakni Stadion Panahan, Stadion Atletik dan Stadion Baseball.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya