Mensukseskan Program Presiden Jokowi Lewat Liga Antar Kampung

Kesepakatan Liga Antar Kampung
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Penyelenggaraan Liga Antar Kampung yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bekerjasama dengan Garuda Nusantara memasuki tahap persiapan, setelah kesepakatan kerja sama ditandatangani kedua belah pihak, dimana Kemenpora, diwakili Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Dr. Raden Isnanta, dan Garuda Nusantara diwakili Ketua Umum, Aji Jaya Bintara. 

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Kejuaraan Antar Kampung ini adalah adalah salah satu program prioritas Presiden Jokowi dalam membangkitkan olahraga rakyat sampai ke tingkat kecamatan di seluruh wilayah Indonesia, dalam tahun pertama penyelenggaraan, terdapat 32 kabupaten terpilih sudah menyatakan kesediaannya dalam penyelenggaraan Kejuaraan Antar Kampung ini, meskipun tidak menutup kemungkinan ada kabupaten lain hingga tercapai target 100 kabupaten di tahun 2023. 

Ketua Umum Garuda Nusantara, Aji Jaya Bintara, dalam keterangan pers, mengatakan pentingnya persatuan seluruh elemen bangsa melalui pesan yang disampaikan oleh Olahraga Rakyat, bertema Kejuaraan Antar Kampung ini. Menurutnya, Presiden Jokowi adalah pemimpin yang merakyat serta sangat peduli terhadap rakyat. 

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Kesepakatan Liga Antar Kampung

Photo :
  • Istimewa

"Pertama, sebagai Ketua Umum, saya menjadikan ide ini sebagai tantangan yang harus dilakukan dengan semeriah mungkin menyentuh seluruh elemen masyarakat. Kedua, kami sepakat dengan Kemenpora, untuk bersama-sama mensukseskan salah satu program Presiden Jokowi di Olahraga Rakyat, yaitu melalui Kejuaraan Antar Kampung. Ketiga, momen ini pas untuk merajut persatuan, memperkuat semangat generasi, dan membangkitkan lagi semangat generasi muda dalam bidang kepemudaan dan olahraga khususnya," ujar Aji, Jumat 21 Juli 2023.

Peluk Pratama Arhan Usai Indonesia Kalahkan Korsel, Azizah Salsha: Super Proud!

Dalam pelaksanaannya, terdapat setidaknya 5 (lima) cabang olahraga yang dipertandingan yang nantinya melibatkan perwakilan kecamatan di setiap kabupaten terpilih, yaitu Sepakbola, Bulutangkis, Tenis Meja, Atletik, dan Senam. 

Rencana kejuaraan antar kampung ini juga akan melibatkan beragam partisipasi tokoh masyarakat serta para camat sebagai tokoh penggerak olahraga masyarakat, dimana setiap kabupaten menggelar pesta olahraga rakyat setiap sabtu/minggu selama 1 hingga 2 bulan, menyesuaikan besar kecilnya cakupan wilayah setiap kabupaten. 

"Rencana kami kick off di Jakarta Timur awal Agustus 2023 nanti, dan terus paralel di berbagai kota/kabupaten terpilih yang siap dalam infrastruktur dan pelaksanaan. Rencana nanti akan dibuka langsung oleh Bapak Presiden dan Menpora. Sebagai suatu perwujudan manifesto pesta olahraga rakyat, kami berharap event ini digelar rutin setiap tahunnya dan menjangkau lebih banyak kabupaten di seluruh wilayah Indonesia. Kami bertekad sukseskan program Presiden Jokowi."

Sebagai informasi, Kejuaraan Antar Kampung adalah salah satu program olahraga rakyat Presiden Jokowi, yang menjadi salah satu program prioritas di bidang kepemudaan dan olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya