Dibantai Irak, Rangking FIFA Timnas Indonesia Turun

Saddil Ramdani merayakan gol untuk Timnas Indonesia
Sumber :
  • Media PSSI

Jakarta –Timnas Indonesia turun satu tingkat ke posisi 146 dalam daftar peringkat dunia terkini FIFA yang dirilis pada Kamis 30 November 2023.

Pengakuan Pelatih Yordania Jelang Laga Lawan Timnas Indonesia U-23

Pada November, timnas Indonesia gagal mendulang kemenangan dalam dua pertandingan yang mereka mainkan. 

Indonesia dihantam Irak dengan skor 1-5 pada kualifikasi Piala Dunia 2026, 16 November. Dan pada laga kualifikasi berikutnya melawan Filipina, 21 November, pasukan Garuda ditahan imbang 1-1 oleh tuan rumah. 

Pengakuan Erick Thohir dan PSSI soal Kinerja Shin Tae-yong

Dengan hasil itu, Indonesia mendapat tambahan 16,95 poin sehingga memiliki poin total 1.069,82. Posisi Indonesia digeser Botswana yang mengumpulkan 1.064,5 poin.

Sementara itu di sepuluh besar peringkat FIFA, Argentina masih memimpin di posisi pertama, diikuti Prancis di posisi kedua dan Inggris yang naik satu strip duduk di peringkat ketiga.

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Pemain Timnas Argentina Nicolas Otamendi rayakan gol

Photo :
  • AP Photo/Bruna Prado

Posisi keempat dihuni oleh Belgia yang naik satu strip, sedangkan Brazil turun dua strip dan menduduki posisi kelima akibat menelan kekalahan beruntun dari Kolombia dan Argentina.

Belanda naik satu strip ke posisi keenam dan Portugal turun satu strip untuk menduduki posisi ketujuh. Sisa sepuluh besar lainnya dihuni Spanyol (posisi kedelapan), Italia (posisi kesembilan), dan Kroasia (posisi kesepuluh).

Uruguay membuat kemajuan bagus dengan naik empat peringkat untuk menghuni posisi ke-11, namun tetap belum mampu masuk sepuluh besar.

La Celeste bukanlah satu-satunya tim yang naik peringkat dengan cukup signifikan. Selain itu terdapat tim-tim lain seperti Tunisia (posisi ke-28, naik empat strip), Ekuador (posisi ke-32, naik empat strip), Rumania (posisi ke-43, naik lima strip), Slovakia (posisi ke-45, naik lima strip), dan Yunani (posisi ke-47, naik empat strip), yang kembali masuk dalam 50 besar bersama dengan Pantai Gading (posisi ke-50, naik dua strip).

Sementara itu, Kepulauan Comoros (posisi ke-119, naik sembilan strip) menjalani bulan yang cukup baik berkat kemenangan atas Republik Afrika Tengah dan Ghana, dan mereka memiliki dua alasan untuk merayakan karena mereka kini berada di posisi 119, posisi tertinggi yang didapat Kepulauan Comoros sepanjang masa.

Kosovo (posisi ke-101, naik empat strip) mungkin tidak naik sebanyak Kepulauan Comoros, tetapi Kosovo juga kini berada di peringkat tertinggi dalam sejarah mereka. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya