PSMS Medan Akan Bermarkas di Bandung

VIVAnews – PSMS Medan kembali terlempar dari kandangnya Stadion Telandan, Medan. Untuk putaran kedua Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009 nanti, tim berjuluk Ayam Kinantan itu berniat manggung di Stadion Siliwangi, Bandung.

Beberapa proposal telah dilayangkan oleh PSMS Medan untuk home ground-nya di putaran kedua nanti. Namun respon positif baru didapat dari pengelola Stadion Siliwangi, Bandung. Sebelumnya, Stadion Gelora Jakabaring di Palembang, Stadion Manahan di Solo dan Stadion Palaran di Samarinda sempat jadi target PSMS.

"Kami juga sempat ingin di Lubuk Pakam. Tapi, proposal yang kami kirimkan langsung direspon oleh pihak pengelola Stadion Siliwangi di Bandung. Ya sudah, kami langsung lakukan proses kesepakatan saja. Lagipula, Siliwangi sedang tidak dipakai oleh klub lain, seperti Persib Bandung yang sekarang main di Stadion Jalak Harupat, Soreang," kata Sihar Sitorus, pengelola PSMS kepada Artha Tidar, wartawan GOSport, Jumat, 19 Desember 2008.
 
 Sebenarnya, PSMS masih berusaha menyelesaikan status renovasi Stadion Teladan dengan pihak Pemerintah Kota (pemko) Medan, agar segera bisa digunakan. Namun, hingga akhir tahun 2008, tak juga ada kata sepakat soal pemugaran stadion yang menjadi kebanggan Ayam Kinantan itu.

Ditambahkan Sihar, proses administrasi dengan pihak pengeloa Stadion Siliwangin sudah mencapai kata final.  Begitu juga soal harga sewa yang harus dibayar oleh PSMS kepada pengelola stadion.
 
"Yah, kalau hitung-hitungan kasar, sekitar Rp 15-20 juta per partai biaya sewanya. Kan kami ingin mendapat pemasukan juga, syukur-syukur sewanya tidak mahal," kata Sihar. 

Bermain di Stadion Siliwangi Bandung menurut Sihar juga akan memudahkan penggemar PSMS untuk hadir saat pertandingan. Utamanya mereka yang berada di wilayah Jakarta dan Bandung. ”Kami tinggal menunggu lampu hijau dari pihak keamanan (Polda Jabar serta poltabes Bandung) setidaknya sebelum Natal nanti," jelas Sihar.

Selain Stadion Siliwangi, PSMS Medan berniat mendekati pengelola Stadion Jalak Harupat, Soreang, Bandung. Stadion bertaraf internasional itu rencananya akan digunakan sebagai kandang PSMS saat tampil di Liga Champion Asia (LCA) 2009 nanti.

Terpisah, Joko Driyono, direktur bidang kompetisi Badan Liga Indonesia (BLI), mengaku sudah mengetahui rencana PSMS untuk menggunakan Stadion Siliwangi, Bandung. Surat permohonan pemakaian stadion itu juga sudah diterima oleh BLI.

"Ya, kami hanya mengikuti keinginan pihak klub, untuk menyertakan secara pasti status homeground mereka pada putaran kedua nanti. Kami sudah dikonfirmasi oleh PSMS mengenai penggunaanStadion Siliwangi, Bandung," ujar Joko Driyono, direktur kompetisi Badan Liga Indonesia (BLI) menjelaskan.