LIPIO Jajaki Pengiriman Pemain ke Real Madrid

Stadion Santiago Bernabeu
Sumber :
  • flickr

VIVAnews - Panitia Nasional Liga Pendidikan Indonesia Piala Presiden (LIPIO) berniat mengirim pemain terbaik kompetisi ini ke Spanyol. Pemain yang terpilih selanjutnya akan mengikuti program beasiswa di SSB Real Madrid.

Wacana ini muncul setelah Ketua Liga Pendidikan Indonesia, Toho Cholik Mutohir bertemu dengan duta besar Indonesia untuk Spanyol, Adiyatwidi Adiwoso Asmady, di Jakarta, Senin, 28 Februari 2011.

Dalam pertemuan tersebut, Wieke -panggilan akrab Adiyatwidi-menyarankan agar pemain terpilih dikirim ke Madrid. Pasalnya, selain bisa menimba ilmu di SSB Real Madrid, pemain bakal lebih mudah beradaptasi dengan budaya Spanyol bila berada di Madrid.

Sebaliknya jika mengirim pemain ke Barcelona, pemain dikhawatirkan akan terkendala bahasa. Pasalnya, warga di sana sehari-hari masih menggunakan bahasa Catalan yang berbeda dengan bahasa Spanyol.

"Dubes Wieke (Adiyatwidi) menyarankan agar pemain terbaik Liga Pendidikan Indonesia Piala Presiden yang terpilih mengikuti program beasiswa ke Spanyol sebaiknya dimasukkan ke SSB Real Madrid, bukan di SSB Barcelona seperti rencana sebelumnya,” kata Toho.

"Selain itu jika menetap di kota Madrid, dubes berjanji akan mengawasi pemain mengingat wisma Indonesia berada di ibukota Spanyol itu,” lanjutnya.

Selain Spanyol, program beasiswa untuk empat pemain terbaik LIPIO Piala Presiden juga menetapkan Jerman sebagai negara tujuan. Rencananya di kedua negara Eropa tersebut masing-masing akan dikirim dua pemain.

Program beasiswa ini merupakan hasil kerjasama kepanitiaan nasional Liga Pendidikan Indonesia dengan Yayasan Bina Antarbudaya yang tertuang dalam nota kesepahaman selama lima tahun.

Terpopuler: Kebiasaan yang Tidak Boleh Dilakukan di Mekkah sampai Alasan ke BaliSpirit Festival

Pengiriman empat pemain terbaik akan dilakukan September 2012 mendatang. Pemain yang terpilih akan diseleksi dari Liga pendidikan Indonesia musim 2010-2011 yang akan berakhir Juli nanti.

Ria Ricis

Terpopuler: Ria Ricis Diduga Sindir Teuku Ryan sampai Betharia Sonata Sakit

Round-up dari kanal Showbiz pada Sabtu, 4 Mei 2024. Salah satunya tentang Ria Ricis setelah rumah tangganya dinyatakan selesai alias bercerai.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024