ISL Putaran II Mulai Gunakan Wasit Asing

Wasit
Sumber :
  • express

VIVAnews - Laga Persija Jakarta melawan Persiba Balikpapan, Sabtu, 12 Maret 2011 mendatang, menjadi debut pertama hadirnya wasit asing di Liga Super Indonesia (ISL).

Disorotnya kinerja wasit di ISL membuat PT Liga Indonesia berencana untuk menggunakan wasit asing. Dan wacana wasit asing itu akan segera terwujud setelah CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, menegaskan laga Persija melawan Persiba akan menjadi debut pemain asing.

"Akan ada lima hingga sepuluh pertandingan per bulan yang akan dipimpin wasit asing. Pertandingan Persija melawan Persiba 12 Maret akan menjadi laga pertama," ujar Joko dalam jumpa pers evaluasi putaran pertama ISL di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis 3 Maret 2011.

Joko menegaskan wasit-wasit asing akan digunakan ISL berasal dari wasit elit AFC. "Wasit-wasit yang akan memimpin dari Vietnam, Malaysia, Singapura, Uzbekistan dan Australia. Untuk pertandingan Persija melawan Persiba akan menggunakan wasit asal Vietnam," lanjut Joko.

Nantinya setiap wasit asing hanya akan memimpin satu hingga dua pertandingan dalam sepekan dan akan kembali ke negara asalnya.

Meski akan menggunakan wasit asing, namun Joko menegaskan pihaknya tidak akan melupakan kewajiban memajukan dan mendidik wasit lokal.

"Kami tidak lupa kepentingan memperbaiki ISL, tapi kami tidak ingin memarginalkan wasit lokal. Pastinya banyak wasit lokal yang ingin berkembang dan memimpin ISL," papar Joko.

Untuk masalah pembayaran, Joko menegaskan PT Liga akan menggunakan standard rate FIFA sebesar 100 dolar AS per hari. PT Liga juga menjamin tiket penerbangan dan akomodasi wasit asing selama di Indonesia.

Fiorentina Pastikan Tiket ke Final Liga Konferensi Eropa 2023/24
Little Tokyo Blok M

Long Weekend Hemat! 5 Rekomendasi Wisata Gratis dan Seru di Jakarta

Beberapa destinasi di Jakarta bisa masuk dalam list untuk dikunjungi bersama keluarga. Yuk simak rekomendasi tempat liburan long week end Jakarta berikut ini!

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024