Profil Singkat Calon Ketua Umum PSSI (II)

Iman Arif
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Sebanyak 18 kandidat akan bertarung memperebutkan kursi PSSI 1 di Kongres Luar Biasa PSSI, 9 Juli mendatang. Seluruh kandidat datang dari latar belakang yang beragam termasuk pengusaha dan politikus.

Garuda Indonesia Sanksi Tegas Pegawainya yang Jadi Petugas 'Nebeng' Haji ke Tanah Suci

Bahkan ada beberapa calon yang datang dengan status sebagai Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat. Tak hanya piawai di bidangnya masing-masing, sebagian bahkan punya pengalaman yang mumpuni di dunia sepakbola.

Berikut profil singkat kandidat ketua umum PSSI Periode 2011-2015:

Keajaiban Teknologi! LVAD Selamatkan Nyawa Penderita Gagal Jantung yang Hampir Putus Asa

10. Sutiyoso
Sutiyoso adalah seorang politikus dan mantan tokoh militer Indonesia berbintang tiga. Berbagai jabatan militer pernah diemban pria 66 tahun ini. Namun sosoknya mulai mencuat saat terpilih sebagai komandan resimen terbaik se-Indonesia ketika menjabat Kepala Staf Kodam Jaya pada 1994. Pria kelahiran Semarang, 6 Desember 1944 ini juga pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta selama dua periode, mulai 6 Oktober 1997 hingga 7 Oktober 2007. Jabatan lain yang dipegang oleh Sutiyoso ialah Ketua Ketua Umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) periode 2004 - 2008. Di sepakbola, Sutiyoso juga bukan orang awam. Selama menjadi Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso juga menjadi pembina Persija Jakarta. Bersama Bang Yos, Persija pernah merebut juara Liga Indonesia VII, 2011.

11. Erwin Aksa
Pria 33 tahun ini menjabat sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia). Erwin sejak lama dikenal sebagai seorang pengusaha. Saat ini, dia masih menjabat sebagai Presiden Direktur Bosowa Corporation. Sejak remaja, Erwin telah berkecimpung dalam dunia olah raga, khususnya sepak bola. Erwin saat itu menjadi manager klub sepak bola profesional termuda di Indonesia di usia 24 tahun. Erwin memimpin PSM Makassar selama 4 musim sejak 1999-2003 dan mampu membawa PSM dua kali menjadi runner-up Ligina. Selain memimpin PSM, Erwin membawa perusahaan yang dipimpinnya, Semen Bosowa, menjadi sponsor utama sejumlah klub besar seperti PSM dan Persipura Jayapura. Semen Bosowa juga pernah mengelola Persim Maros yang berlaga di kompetisi Divisi 1 PSSI.

12. Iman Arif
Pengusaha kelahiran 27 November 197 ini dikenal sebagai sosok yang mencintai dunia sepakbola. Itu dibuktikan dengan sejumlah jabatan yang ia emban di sepakbola seperti Deputi Bidang Teknis Badan Timnas Nasional, Direktur Sekolah Sepakbola Arsenal Indonesia dan Presdir Indonesia Football Academy. Kabarnya, Iman juga memiliki 20 persen saham klub sepakbola Inggris, Leicester.

13. Achsanul Qosasi
Pria kelahiran Sumenep 10 Januari 1966 ini lebih dikenal sebagai politisi Partai Demokrat. Qosasi adalah anggota DPR RI dan pengurus DPP Partai Demokrat. Selain dunia politik, hingga saat ini ia masih menjabat sebagai bendahara PSSI.

14. Indra Muchlis Bin Adnan
Pria kelahiran Riau, 29 Desember 1966 ini adalah sosok yang aktif di beragam kegiatan. Selain dikenal sebagai politisi Partai Golkar dengan menjabat Ketua DPD Golkar Riau, ia juga dikenal sebagai Ketua Dewan Pembina di lembaga pendidikan yang berada di daerahnya. Pria yang meraih gelar S2 di Universitas Malaysia ini punya pengalaman memimpin organisasi sepakbola PSSI Riau.

15. Djohar Arifin
Djohar Arifin adalah mantan staf ahli Menpora. Ia berpengalaman pernah menjabat sebagai Sekjen KONI Pusat dan Ketua Pengda PSSI Sumut. Djohar mencalonkan diri sebagai calon Ketum PSSI dengan didukung oleh PS Madina Medan Jaya.

16. Robertus Indratno
Robertus Indratno lahir di Karanganyar, 21 Maret 1060. Lulusan Spesialis-1 (Sp-1) International Intitute for Hydraulic and Environmental Engineering (IHE), Delft-The Netherlands ini memiliki banyak pengalaman tentang dunia sepakbola. Khususnya di Papua, ia pernah menjabat sebagai Manajer tim Persipura U-21, Ketua Umum Liga Non Amatir Persipura Jayapura dan Ketua Harian Persewar Waropen (Papua).

17. Japto S Soerjosoemarno
Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah, 16 Desember 1949 ini dikenal sebagai tokoh pemuda di Indonesia. Japto merupakan salah satu tokoh organisasi kemasyarakatan Pemuda Pancasila. Selain aktif di Pemuda Pancasila, ia juga aktif dalam organisasi FKPPI (Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri ABRI). Sedangkan di dunia politik, ia menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Patriot. Di samping bergelut di dunia politik, dia juga adalah seorang tokoh penyayang dan pelestarian binatang WWF.

18. Tahir Mahmud
Satu lagi sosok yang muncul menjadi calon ketua umum PSSI periode 2011-2015 adalah Tahir Mahmud. Ia pernah memiliki pengalaman dalam organisasi sepakbola dengan menjadi Manajer PSM Makassar di era perserikatan.

klik: Profil Singkat Calon Ketua Umum PSSI (I)

Serius Bangun Koalisi di Pilkada Semarang, Golkar dan PKS Buka Pintu untuk Parpol Lain
Ilustrasi pabrik rokok.

Kenaikan Cukai Picu Turunnya Produksi Rokok dan Penerimaan Negara

Laporan penerimaan Kepabeanan dan Cukai Maret 2024 menunjukkan penurunan sebesar 4,5 persen, dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi Rp 69 triliun.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024