Kualifikasi Piala Dunia

Indonesia Bisa Jumpa Timnya Frank Rijkaard

Frank Rijkaard
Sumber :
  • Football 365

VIVAnews – Langkah Indonesia di Pra Piala Dunia 2014 dipastikan tidak mudah. Pasalnya, Tim Merah Putih menjadi salah satu unggulan terakhir pada drawing putaran ketiga Pra Piala Dunia 2014 zona Asia yang akan berlangsung di Marina da Gloria, Rio de Janeiro, Brasil, 30 Juli 2011. Ini artinya Indonesia harus bersiap menghadapi lawan tangguh di babak ketiga.

Babak ketiga diikuti 20 negara yang dibagi dalam 5 grup. Dari 20 tim tersebut akan dipecah menjadi lima grup yang berisikan empat tim. Masing-masing tim di pot 4 akan menduduki posisi terbawah di masing-masing grup.

Salah satu skenario terburuk, Indonesia bisa satu grup dengan Jepang, Arab Saudi, dan Irak. Negara-negara itu memiliki pemain berkualitas tinggi dan akan sulit bagi Indonesia untuk menghadangnya.

Jepang adalah unggulan utama dalam undian grup Pra Piala Dunia 2014. Patokannya jelas, mereka adalah juara Piala Asia 2011, dan juga memiliki pemain-pemain berkualitas. Kini mereka ditukangi mantan pelatih Inter Milan dan AC Milan, Alberto Zaccheroni.

Rekor 4 kali partisipasi Piala Dunia dan 4 kali juara Piala Asia, ditambah pemain-pemain yang merumput di Eropa akan menyulitkan langkah Indonesia jika harus bertemu Tim Samurai Biru. Meskipun demikian rekor pertemuan Indonesia dengan Jepang tak terlalu buruk: 5 kali menang, 2 kali seri dan 8 kali kalah. Indonesia terakhir kali menang atas Jepang tahun 1978.

Dari pot 2, Indonesia memiliki kemungkinan bertemu dengan Arab Saudi. Meskipun prestasi mereka belakangan ini cenderung menurun, Arab adalah momok bagi Indonesia. Dari 10 kali berjumpa Arab Saudi, Indonesia selalu kalah. Apalagi mereka kini ditukangi mantan pelatih Barcelona, Frank Rijkaard. Kualitas mereka pun tak perlu diragukan, karena sempat 4 kali berpartisipasi di Piala Dunia dan 3 kali juara Piala Asia.

Dari pot 3, lawan terberat yang bisa berjumpa dengan Indonesia adalah Irak. Mereka mengalami kemajuan pesat dalam beberapa tahun terakhir, terbukti dengan gelar juara Piala Asia 2007 dan lolos ke perempatfinal Piala Asia 2011. Di ajang Piala Dunia, Irak sempat sekali berpartisipasi yakni pada 1986 di Meksiko. Indonesia hanya bisa sekali menang dari 7 pertemuan dengan Irak. Sisanya, 2 kali imbang dan 4 kali kalah. (RSSSF, umi)

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground
Pesta kemenangan Indonesia U-23 di Brebes

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

Euforia kemenangan Indonesia U-23 atas Korea Selatan U-23 pada perempat final Piala Asia U-23 pada Jumat dini hari WIB 26 April 2024 sangat terasa di Brebes, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024