Pra Piala Dunia 2014

Fisik Timnas Indonesia Jadi Fokus Utama

Timnas Indonesia: M Ridwan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Fisik para pemain timnas Indonesia kini menjadi sorotan saat menjalani pemusatan latihan di Cilegon, Banten. Sehingga, menghadapi putaran ketiga Pra Piala Dunia 2014, latihan fisik akan menjadi prioritas.

"Fisik pemain sangat mencolok saat lawan Turkmensitan. Kami lihat secara kasat mata, stamina pemain belum mampu bermain konstan selama 45 menit x 2," kata asisten pelatih timnas, Liestiadi.

Agar tidak terulang, dalam latihan kali ini pelatih akan memfokuskan pemulihan fisik sehingga saat bermain menghadapi tim tangguh di Grup E seperti Iran, Bahrain dan Qatar bisa mengimbangi.

"Itu pekerjaan rumah buat kami. Perlu dibenahi pemulihan kondisi fisik dan efisiensi mereka saat bermain. Tapi tentu tidak mungkin menaikkan stamina segera. Kami lebih mengupayakan bagaimana pemain bisa bermain 90 menit dengan efisien dan efektif," ujarnya.

Latihan di pantai

Meski mayoritas para pemain sedangkan menjalankan ibadah puasa, fisik pemain akan terus digenjot. Karena itu, latihan akan digelar pada sore dan malam hari.

"Rencana awal, latihan digelar dua kali sehari. Jam 4 sore dan 10 malam. Durasi latihan tidak terlalu lama, sekitar 1 hingga 1,5 jam," jelas Liestiadi.

Namun, format latihan itu masih belum baku. Setiap harinya, format latihan akan dievaluasi.

"Bisa berubah. Lihat perkembangan pemain dalam 1-2 hari latihan. Kalau ada yang perlu diubah, kami ubah. Kami tidak bisa memaksa fisik anak-anak, tapi akan menyesuaikan. Melihat kondisi pemain," tegas dia.

Karena latihan digelar saat bulan Ramadan, maka latihan dilakukan untuk memulihkan kondisi fisik pemain. Dan, latihan akan digelar di dua tempat, stadion Krakatau Steel dan di pantai.

Selain jadwal latihan, jajaran pelatih juga akan memberi perhatian pada asupan gizi para pemain dengan meminta masukan kepada dokter gizi. "Karena kerja tubuh berbeda saat pemain berpuasa. Dan tentu asupan gizi juga beda. Kami minta masukan kepada dokter bagaimana gizi para pemain sehingga bisa optimal saat berlatih dan berlaga nanti," paparnya.

Liestiadi menambahkan, skuad Merah Putih akan berlatih di Cilegon hingga 28 Agustus sebelum bertolak ke Teheran, Iran, untuk menjalani laga perdana 2 September mendatang.

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik
Ilustrasi Paspor

Kelanjutan Nasib Hyoyon SNSD, Bomi Apink hingga Im Nayoung Pasca Paspornya Ditahan Imigrasi Bali

Saat ini, paspor semua pemeran dan kru, dengan total sekitar 30 orang, disita. Mereka juga saat ini tinggal di sebuah hotel sementara itu kasus ini sedang diselidiki.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024