La Nyalla Minta PSSI Prioritaskan 18 Klub ISL

Chalid Gomorah (batik, kiri) di kediaman La Nyalla Mattalitti
Sumber :
  • VIVAnews

VIVAnews - Anggota Komite Eksekutif PSSI sekaligus Ketua Pengrov PSSI Jawa Timur, La Nyalla Mattalitti meminta PSSI agar memprioritaskan hak 18 klub yang memang benar-benar layak mengikuti Indonesia Super League (ISL). 18 klub yang dimaksud La Nyalla ada 14 klub ISL musim lalu, ditambah 4 klub promosi.

"Intinya, saya sampaikan kepada forum. PSSI harus mendukung 18 klub yang saat itu main di ISL. Jangan sampai mereka dicari-cari kesalahannya sehingga tidak bisa mengikuti kompetisi," tegas La Nyala.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komite Kompetisi PSSI lewat ketuanya Sihar Sitorus menegaskan bahwa kompetisi Liga Indonesia akan diikuti 24 klub. Selain 18 klub yang memang berhak mengikuti kompetisi teratas, PSSI juga menetapkan 6 klub tambahan yakni Persema Malang, PSM Makassar, Persibo Bojonegoro, PSMS Medan, Persebaya Surabaya dan Bontang FC.

"Kita menghormati azas. Keputusan Exco tanggal 16 kemarin mengatakan 18 klub, satu wilayah. Ya sudah itu keputusan Exco. Kemudian dirubah lagi pada tanggal 21. Berkali-kali saya sudah saya sampaikan keikutsertaan 24 klub itu menyalahi statuta, tapi mereka tetap teguh pada pendirian,” ungkap La Nyalla.

Dia melanjutkan, pengurus beralasan memasukkan 24 klub dalam kompetisi tak menyalahi aturan karena telah tertuang dalam pasal 37 yang di dalamnya memuat bahwa  Komite Eksekutif PSSI memiliki kewenangan menetapkan waktu, jumlah, peserta kompetisi. Padahal, kata La Nyala pasal tersebut berlaku hanya untuk kompetisi baru.

“Kalau kompetisi baru mungkin bisa menggunakan pasal itu (pasal 37) tapi ini hanya melanjutkan kompetisi yang sudah ada,” pungkas La Nyalla.

Tanpa Dialog, Film Thriller 'Monster' Tayang di Netflix Mulai 16 Mei 2024
Pelatih Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Pesan Mengharukan Shin Tae-yong untuk Korea Selatan

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong merasakan dua perasaan berbeda, senang dan sedih saat timnya lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024