Timnas Wanita 'Dibantai', Ini Tanggapan PSSI

Bambang Nurdiansyah, pelatih Persita Tangerang.
Sumber :
  • GOsport

VIVAnews - PSSI menilai hasil yang diraih timnas wanita di Piala AFF 2011 terbilang wajar. Meski demikian, dalam waktu dekat ini Komite Sepak Bola Wanita di bawah kendali Tuti Dau akan melakukan evaluasi menyeluruh.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Tim nasional sepakbola wanita Indonesia porak poranda di ajang Piala AFF 2011 yang digelar di Laos.  Dibantai tuan rumah dan Vietnam di pinyisihan Grup A, tim Merah Putih terpaksa harus angkat koper lebih dini.

Pada laga penyisihan Grup A, Indonesia dihabisi Laos 0-11 dan digunduli Vietnam 14 gol tanpa balas. Tim besutan Bambang Nurdiansyah ini hanya sekali meraih poin sempurna, saat menaklukkan Singapura 3-1.

Ketua Komite Sepakbola Wanita PSSI, Tuti Dau, menilai bahwa hasil ini terbilang wajar lantaran waktu persiapan timnas yang mepet. Belum lagi level timnas Laos dan Vietnam, yang menurutnya, jauh di atas Indonesia.

“Kami ambil pemain dari tim DKI Jakarta, Jawa Barat dan Papua. Sebelum ke Laos, mereka mengikuti latihan gabungan di Jakarta hanya dua pekan,” ungkap Tuti Dau saat dihubungi VIVAnews, Jumat 21 Oktober 2011.

“Waktu persiapan kita kurang dan ternyata level kita jauh di bawah Laos dan Vietnam. Tapi sebenarnya, performa tim kita tidak terlalu jelek,” kilah wanita pertama Indonesia yang menjabat sebagai anggota Komite Eksekutif PSSI ini.

Sorot Pelatih

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

Lebih lanjut, Tuti menjelaskan bahwa hasil tersebut akan menjadi agenda rapat evaluasi. Tidak hanya para pemain, kinerja pelatih Bambang Nurdiansyah juga akan disorot.

Namun, wanita yang juga menjabat Ketua Umum Persepar Palangkaraya ini enggan mengumbar spekulasi tentang kemungkinan pergantian Banur--panggilan akrab Bambang. Tuti hanya memastikan, ajang Piala AFF 2011 ini sebagai bekal berharga untuk mengikuti kompetisi selanjutnya.

“Kami akan evaluasi semua pemain dan juga pelatih. Sementara ini saya belum bisa komentar soal posisi pelatih, apakah aman atau tidak aman. Yang jelas, pelatih dan pemain harus lebih dekat,” imbuhnya.

“Kalau menurut saya pribadi, pelatih sudah cukup bagus, bimbingannya sudah baik dan cepat menyatu dengan para pemain. Karena (Piala AFF 2011) ini baru langkah awal, kami harap timnas wanita bisa lebih semangat lagi,” tegasnya, seraya membeberkan rencana PSSI menggelar kompetisi sepakbola wanita di seluruh daerah, pada 2012 mendatang. (ren)


Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016