PSSI Hukum Irfan Bachdim Tiga Bulan

Striker timnas Indonesia, Irfan Haarys Bachdim
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Komisi Disiplin PSSI akhirnya menjatuhkan sanksi tegas terhadap striker timnas, Irfan Bachdim yang mangkir dari pemusatan latihan timnas U-23. Komisi yang diketuai Bernhard Limbong ini pun menjatuhkan sanksi berupa skorsing selama 3 bulan bagi pemain berdarah Belanda itu.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

"Setelah berdiskusi dan mempertimbangkan hasil investigasi. Maka Komisi Disiplin mengambil keputusan secara bulat untuk memberikan hukuman untuk Irfan Bachdim larangan melakukan aktivitas sepakbola di lingkungan PSSI selama 3 bulan terhitung mulai keputusan dibuat hari ini," ujar Wakil Ketua Komite Disiplin PSSI, Tjatur Agus Saptono membacakan surat keputusan dalam jumpa pers di kantor PSSI, Senin, 24 Oktober 2011.

Tjatur menambahkan hukuman mengacu pada Kode Disipiln Pasal 78 jo Pasal 33 ayat 3 terkait ketidakhadiran Irfan Bachdim saat dipanggil dalam latihan timnas U-23. "Pertimbangan dari keputusan ini demi kepentingan timnas. Semoga dapat memberikan efek jera bagi pemain timnas. Agar total kala dipanggil dan berjuang untuk timnas," tambah Tjatur.

Tjatur melanjutkan ada dua alasan mengapa Irfan layak dijatuhkan sanksi. Yaitu motivasi Irfan memilih kewarganegaraan Indonesia dan komunikasi yang telah dilakukan Irfan Bachdim dengan pelatih timnas U-23 Indonesia, Rahmad Darmawan.

"Motivasi Irfan Bachdim jadi WNI untuk bermain di timnas. Katanya itu kebanggaan bagi Irfan Bachdim. Tapi bagaimana ada masalah seperti ini(mangkir) ketika ia dipanggil timnas? Ini jadi faktor berat bagi Irfan," ujarnya.

"Dan kami sudah bicara dengan yang bersangkutan (Irfan). Kami juga melihat komunikasi antara RD melalui sms dengan Irfan. Jadi alasan miskomunikasi itu hanyalah alasan Irfan Bachdim. Tapi bagaimana coach telah minta Irfan segera hadir, tapi dia enggak bisa dan dengan alasan istri sakit dan hamil muda," tambahnya.

Meski demikian, Tjatur mengungkapkan pihaknya memberikan kesempatan kepada Irfan Bachdim untuk mengajukan banding atas hukuman yang dijatuhkan kepadanya. "Diberi kesempatan bagi Irfan Bachdim untuk mengajukan banding maksimal 14 hari setelah menerima sanksi," ujar Tjatur. (irb)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016