Turnamen HUT Persis Solo

Hattrick Boaz ke Pelita Bawa Persipura Juara

Boaz Solossa
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Persipura Jayapura keluar sebagai juara Turnamen HUT Persis Solo usai menahan imbang 3-3 Pelita Jaya, Minggu, 30 Oktober 2011. Dalam duel ini, Boaz tampil sebagai penyelamat Mutiara Hitam dengan mencetak hattrick.

Bertanding di Stadion Manahan, Solo kedua tim menyuguhkan penampilan yang menarik. Sama-sama bermain terbuka, Persipura Jayapura dan Pelita Jaya silih berganti melancarkan tekanan sejak pluit babak pertama ditiup wasit.

Pelita Jaya yang diperkuat sejumlah pemain naturalisasi unggul lebih dulu lewat gol Safee Sali pada menit ke-10. Pemain asal Malaysia itu berhasil menjebol gawang Persipura usai menerima umpan silang dari penyerang Greg Nwokolo.

Pelita mampu menggandakan keunggulan lewat Greg Nwokolo pada menit ke-32. Memanfaatkan kesalahan pemain belakang Persipura, Greg berhasil menggiring bola ke kotak penalti sebelum akhirnya mengecoh penjaga gawang Yoo Jae Hoon.

Dramatis, 10 Pemain Persipura Tekuk Tuan Rumah BSU

Ketinggalan dua gol Persipura mencoba meningkatkan tempo permainannya. Pada menit ke-39, pemain Persipura, Yohanis Tjoe sukses menusuk dari sisi kiri pertahanan Pelita. Setelah mengecoh bek Pelita, Yohanis lalu menyodorkan bola kepada Boaz Solossa yang berada di kotak penalti. Meski dikawal tiga pemain Pelita, Boaz berhasil merobek jala Pelita yang dikawal kiper Sasa Ridivojevic.

Memasuki masa injury time babak I, pertarungan sempat diwarnai aksi tidak terpuji Ortizan Solossa. Mantan pemain Persija Jakarta itu dengan sengaja menginjak punggung Edi Hafiz yang sedang tergeletak di  lapangan. Edi terjatuh setelah sebelumnya dilanggar oleh Ortizan. Akibat aksi ini, Ortizan hanya diberi kartu kuning.

Di babak kedua, pertarungan berjalan lebih seru setelah Persipura sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat  Boaz Solossa pada menit ke-55. Boaz dengan mudah mengecoh kiper Pelita Sasa yang keluar dari sarangnya.

Pada menit ke-65, Pelita kembali unggul lewat gol Greg Nwokolo. Gol kedua Greg pada laga ini kembali tercipta akibat kesalahan dari pemain belakang Mutiara Hitam.

Unggul 3-2, Pelita harus bermain dengan 10 pemain setelah wasit memberikan kartu kuning kedua kepada Andesi Prabowo pada menit 71. Situsi ini dimanfaatkan Mutiara Hitam untuk kembali menekan pertahanan Pelita.

Bomber Tajam MU Waspadai Boaz Solossa

Upaya Persipura akhirnya membuahkan hasil. Pada menit ke-81, Boaz Solossa berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 sekaligus mencatat hattrick pada laga ini. Memanfaatkan bola muntah dari tendangan Alberto Goncalves yang membentur tiang gawang, Boaz sukses merobek jala The Young Guns.

Skor imbang 3-3 bertahan hingga laga usai. Dengan hasil ini Persipura tampil sebagai juara turnamen HUT Persis Solo dengan koleksi 7 poin. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Pelita Jaya yang hanya mampu mengoleksi 5 poin.

Laga Pembuka Serie V, Pelita Jaya Tekuk NSH Jakarta
Pelatih Bhayangkara FC, Ibnu Grahan (kanan)

Kesalnya Pelatih BSU Usai Dikalahkan 10 Pemain Persipura

BSU kalah lewat gol telat Boaz Solossa.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016