Komdis PSSI Hukum Persiwa dan Persidafon

Latihan Persiwa Wamena
Sumber :
  • ANTARA/Ari Bowo Sucipto

VIVAnews - Komisi Disiplin PSSI akhirnya menjatuhkan sanksi kepada Persidafon Dafonsoro dan Persiwa Wamena yang memilih tampil di Liga Super Indonesia (ISL) 2011-12. Sementara itu, nasib Persipura yang juga tampil di ISL belum juga diputuskan.

Sama halnya dengan delapan tim yang sudah lebih dulu dihukum, Persidafon dan Persiwa dijerat pasal 57 ayat 1 dan 2, junto pasal 32 dan pasal 23 Kode Disiplin PSSI. Mereka dinilai melawan PSSI lantaran menolak berkompetisi di ajang Indonesian Primer League (IPL) yang dikelola oleh PT LPIS.

"Untuk Persipura masih ada sedikit gangguan. Kami belum memutuskan. Ya, kalau mau buka-bukaan, kami melihat banyak yang harus dipertimbangkan. Ini bukan soal menghukum saja," ujar Ketua Komdis PSSI, Bernhard Limbong, Jumat 16 Desember 2011.

Limbong menjelaskan, penundaan sanksi terhadap Persipura didasari pada latar belakang keikutsertaan mereka di ISL. Menurut dia, Papua berlabuh ke ISL lantaran terjadi kesalahpahaman antara PSSI dan manajemen Persipura.

Karena itu, saat ini PSSI telah mengirimkan tim negosiator termasuk menyertakan legenda Persipura, Johanes Auri untuk melunakan hati Persipura. "Kami sedang mengirimkan orang ke sana, dan kami masih menunggu apa hasilnya," kata Limbong. 

"Nanti juga Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin akan menyusul pergi ke tanah Papua. Persipura adalah ikon Papua. Ada secercah harapan untuk meluruskan kesalahpahaman dan menemukan titik terang membangun sepak bola nasional," ujar Limbong.

Saat ditanya apakah Persipura berpeluang lolos dari jeratan sanksi, Limbong mengatakan itu mungkin saja terjadi. Limbong menganalogikan seperti ampunan Tuhan terhadap hamba-Nya.

"Tuhan saja Maha Pemaaf. Kalau hambanya menyesal, Tuhan pasti mengampuni. Apalagi kami. Kemungkinan sanksi pasti ada. Tetapi kita usahakan juga untuk rekonsiliasi, merangkul Persipura dan juga yang lain. Tidak hanya Persipura, tapi seluruh klub. Mari bersatu demi sepak bola nasional yang lebih baik," tutup Limbong. (art)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016