Erwin Budiawan: Hukuman Komite Etik PSSI Lucu

Majelis Etik PSSI
Sumber :
  • Iwan/Antara

VIVAnews - Anggota Komite Eksekutif PSSI, Erwin D. Budiawan, tidak akan meminta maaf kepada Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin. Erwin juga mengatakan hukuman yang dijatuhkan oleh Komite Etik PSSI kepada dirinya tidak masuk akal.

Erwin bersama tiga anggota Exco PSSI lainnya baru saja dijatuhi sanksi oleh Komite Etik PSSI. Keempatnya diminta meminta maaf secara tertulis kepada Ketum PSSI, Djohar Arifin Husin. Selain itu, permintaan maaf juga ditujukan kepada AFC dan FIFA.

Komite Etik PSSI memberi waktu 2x24 jam kepada keempatnya terhitung sejak keputusan dikeluarkan, 20 Desember 2011. Bila tidak mengindahkannya, keempat anggota Exco yang dipilih lewat Kongres PSSI di Solo itu akan dipecat dari jabatannya dan dilarang beraktifitas di sepak bola Indonesia.

"Kami tidak akan meminta maaf. Sebagai Exco, saya tidak takut dipecat. Itu jabatan yang diamanatkan anggota PSSI terhadap saya, dan saya tidak takut kehilangan jabatan. Saya tidak memburu jabatan di sepakbola ini. Yang jadi masalah adalah kalau saya tidak boleh terlibat dalam sepakbola. Itu hak asasi saya," ujar Erwin di depan kantor PSSI, Rabu, 21 Desember 2011.

Menurut Erwin larangan beraktivitas di sepak bola Indonesia terlalu berlebihan. Bahkan, dia menilai keputusan itu tidak manusiawi dan melanggar Hak Azasi Manusia (HAM).

"Saya sudah sejak kecil bermain bola, menjadi pemain, pengurus klub, hingga saat ini menjabat kepengurusan PSSI. Jika kami yang sudah lama berkecimpung di sepakbola, dan dilarang beraktifitas lagi, saya pribadi tidak mau menerima. Saya tidak rela jika harus seperti itu. Saya kira lucu, ancaman itu bisa dengan mudah dihapus cukup dengan meminta maaf saja," ujarnya.

Selain Erwin, tiga anggota Exco yang dijatuhi sanksi oleh Komite Etik PSSI adalah La Nyalla Mattalitti, Tony Apriliani, dan Robertho Rouw. Ketua Majelis Sidang Komite Etik, Todung Mulya Lubis menyatakan keempatnya telah terbukti melanggar etika organisasi.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Keempatnya juga dianggap telah melakukan kebohongan publik lantaran mengirimkan surat ke AFC dan FIFA soal pembagian saham PT Liga Indonesia.

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016