Djohar: PSSI Akan Fasilitasi Pemain ISL

Djohar Arifin Husin
Sumber :
  • Marco Tampubolon/VIVAnews

VIVAnews - Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, menegaskan pihaknya akan memfasilitasi pemain yang bermain di klub-klub Indonesia Super League (ISL) untuk pindah ke klub Indonesia Premier League (IPL) guna menyelamatkan diri dari ancaman sanksi FIFA.

"Barangkali ada pemain yang ingin menyelamatkan diri (dari sanksi FIFA) dan untuk masuk Timnas, PSSI akan bantu. Kami ingin menyelamatkan semua pemain. Baik pemain lokal maupun pemain asing. FIFA dengan tegas menolak mereka masuk Timnas jika di luar liga resmi. Ini bukan putusan PSSI, tapi sudah regulasi FIFA," ujar Djohar di kantor PSSI, Jumat 23 Desember 2011.

Upaya membantu para pemain yang berada di ISL tersebut harus dilakukan, PSSI mengingat banyak pemain Timnas yang kini berada di ISL. Djohar menyayangkan jika kemudian para pemain tersebut akhirnya menjadi korban dengan tidak bisa membela Timnas.

"Mereka sejak kecil bermain bola, memimpikan untuk bisa menjadi pemain Timnas. Sangat disayangkan jika saat ini ketika mereka sudah masuk, tidak diperbolehkan oleh aturan FIFA," papar Djohar.

PSSI, Djohar mengakui, juga akan menyurati federasi sepakbola negara-negara pemain asing yang berlaga di ISL dalam waktu dekat. Intinya, PSSI akan memberitahukan jika para pemain itu saat ini bermain di klub yang bukan merupakan peserta liga resmi.

"Karena izin transfer mereka akan dibekukan FIFA, jika tidak bermain di liga resmi. Dalam pembicaraan kami dengan pihak FIFA di Tokyo, dengan tegas mereka meminta kami menyurati negara-negara asal pemain asing tersebut," papar Djohar.

Langkah yang diambil PSSI ini dilakukan menyusul surat FIFA tertanggal 21 Desember 2011 yang meminta PSSI untuk segera menyelesaikan dualisme kompetisi di Indonesia. Dalam surat tersebut, PSSI diminta memberikan tenggat waktu satu pekan kepada klub-klub ISL untuk kembali ke PSSI.

Jika hingga 20 Maret 2012, PSSI gagal menyelesaikan kisruh ini, maka Indonesia terancam kena sanksi FIFA. (art)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016