Motivasi Berlipat, Persebaya Incar Kejutan Lawan Persija

Pemain Persebaya Surabaya, Ilham Udin Armayn
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVAbola - Persebaya Surabaya akan berhadapan dengan Sriwijaya FC pada babak penyisihan Grup A SCM Cup, Senin, 19 Januari 2015. Duel yang akan digelar di Stadion Haji Agus Salim ini menjadi ajang pembuktikan bagi Pelatih Bajul Ijo, Ibnu Grahan. 

Grahan merupakan pelatih yang menggantikan posisi Rahmad Darmawan. Di bawah kendali pelatih berusia 48 tahun itu, Persebaya berubah total. Sebagian besar pemain-pemain Bajul Ijo era Rahmad Darmawan berganti dan banyak dihuni wajah-wajah baru.
 
Kebetulan RD kini menangani Persija, tim yang akan berhadapan dengan Persebaya. Ibnu pun berharap, pasukannya mampu meredam kekuatan Macan Kemayoran.  
 
"Kami ingin membuktikan, komposisi tim yang nyaris berubah 100 persen dengan hanya meninggalkan Jendry Pitoy (penjaga gawang Persebaya), tidak akan mempengaruhi kami," ujar Ibnu saat dihubungi VIVAbola, Senin pagi, 19 Januari 2015.
 
Meski didominasi pemain-pemain muda, termasuk sejumlah jebolan Timnas U-19, Persebaya tampil memukau di laga perdana grup A SCM Cup 2015. Menghadapi gempuran tuan rumah, Semen Padang, Evan Dimas cs  menang  dengan skor 1-0.

Sebaliknya, Persija yang dihuni sejumlah pemain bintang justru keok saat bertemu Sriwijaya FC. Sempat tertunda sehari, Persija menyerah 0-1 dari Laskar Wong Kito.

Ibnu Grahan menekankan armadanya agar tetap bermain seperti biasa. Ibnu percaya, pasukannya bakal tampil lebih bugar dibanding Macan Kemayoran.

"Waktu recovery (pemulihan) kami lebih panjang, bisa jadi modal berharga. Selain itu, kemenangan atas Semen Padang kemarin membuat rasa percaya diri para pemain makin meningkat. Saya berharap melawan Persija, mental ini terus terjaga. Saya yakin sama kemampuan pemain-pemain saat ini," kata pria kelahiran 23 Juli 1967 itu. 

Melawan Macan Kemayoran, Ibnu tampaknya akan kembali bereksperimen dengan menurunkan pemain asing yang berstatus seleksi. Saat mengatasi Semen Padang, Ibnu menurunkan David Balla dan Moussa Sanogo yang ternyata dinilai tampil menjanjikan.

"Untuk dua pemain itu, meski belum lama bergabung, tapi mereka sudah menunjukkan daya juang tinggi. Sore nanti bisa saja saya gilir dengan (Robert) Alviz dan Fabrice do Marcolino Anguilet. Di ajang ini kami ingin melihat semua pemain bisa menyatu," tutur Ibnu.

Prakiraan Pemain
Persebaya:
Jandri Pitoy; Putu Gede Juni Antara, Otavio Dutra, Firly Apriansyah, Dany Saputra; Yesaya Desnam, Zulfiandi, Evan Dimas; Ilham Udin Armaiyn, David Bala, Moussa Sanogo
Pelatih: Ibnu Grahan

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Alan Emanuel Aciar, Ambrizal, Gunawan Dwi Cahyo; Novri Setiawan, Amarzukih, Stefano Lilipaly, Alvin Tuasalamony, M Ilham; Bambang Pamungkas, Yevgeny Kabaev
Pelatih: Rahmad Darmawan
(one)

Baca juga:

Semen Padang Belum Jawab Tawaran Uji Coba dari Persija

Hattrick Messi Pimpin Barca Hancurkan Super Depor

Atletico Terus Ancam Barcelona Usai Hajar Granada

Hasil Lengkap Pertandingan Sepakbola Eropa Semalam

Juara Trofeo, Persija Makin Pede Tatap ISC
Pemain Persija Jakarta

Jadwal Siaran Langsung TSC, 5-7 Agustus 2016

Laga-laga seru akan tersaji di pekan ke-14.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016