Piala Presiden 2015

'Hobi' Psywar, Pelatih PBFC Minta Maaf ke Persib

Pealtih Borneo FC, Iwan Setiawan.
Sumber :
  • Abe Hedly/Dok. PBFC

VIVA.co.id - Komentar pedas Pelatih Pusamania Borneo FC (PBFC), Iwan Setiawan jadi sisi menarik dari duel perempatfinal Piala Presiden 2015 antara Persib Bandung kontra PBFC. Disadari atau tidak, berkat Iwan pertemuan kedua tim mampu menghadirkan drama-drama menarik di luar dan di dalam lapangan.

Iwan mengaku, sebenarnya komentar-komentar miringnya yang menyudutkan Persib sebagai lawan, hanya bagian dari 'drama' yang sengaja dia lontarkan untuk membuat pertandingan menjadi lebih menarik. Iwan pun masih bisa berbangga karena hal itu, meski harus menelan pil pahit setelah timnya tersingkir dari Piala Presiden 2015.

"Dari semua pertandingan di babak delapan besar (perempatfinal) Piala Presiden, inilah pertandingan yang paling menarik dan terbaik. Saya berikan aplus juga kepada Persib," ujarnya seusai laga di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu 26 September 2015.

Soal psywar yang kerap dilontarkannya, terutama kegemarannya mengkritik taktik dan strategi bermain yang diterapkan Pelatih Djadjang Nurdjaman. Iwan menegaskan hal itu tak lebih dari 'having fun'.

"Saya minta maaf atas apa yang sering saya sampaikan selama ini. Jujur tak ada maksud dari saya untuk menelanjangi Persib. Hanya saja mungkin pers salah menafsirkannya," ungkap Iwan.

"Saya pikir sudah saatnya sepak bola Indonesia untuk tidak alergi terhadap berbagai bentuk kritikan. Kalau ada pelatih yang mengkritik pelatih lainnya dan menilai kelemahan, menurut saya itu hal biasa di sepak bola. Hanya saja di Indonesia mungkin baru pertama kali ada pelatih yang seperti itu. Jadi saya harapkan semua pihak tak alergi dengan kritikan," sambungnya.

Dibandingkan perhatian kepada Pesut Etam, perhatian kepada Iwan selama ini bisa dikatakan lebih besar karena sikap dan komentar-komentarnya yang cenderung blak-blakan. Karakter Iwan yang seperti itu, seolah membuat sepak bola Tanah Air memiliki seorang "Jose Mourinho Indonesia" dalam sosok Iwan Setiawan.

Persija Jakarta Vs Persib Bandung

Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak

The Jakmania akan orenkan Manahan saat lawan Persib.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016