Piala Presiden 2015

Alasan Mahaka Tolak Permintaan Bonek FC Ganti Wasit

Bonek FC
Sumber :
  • ANTARA FOTO
VIVA.co.id -
LIVE MATCH: Babak I, Sriwijaya Bombardir Gawang PS TNI
Keputusan Bonek FC untuk
walk out
20 Bonek Tak Bisa Pulang, Polisi Belikan Tiket Kereta
(WO) dari laga perempat final Piala Presiden kontra Sriwijaya FC, Minggu lalu, masih jadi pembicaraan hangat. Maklum, langkah yang diambil klub berjuluk Bajul Ijo tersebut sangat kontroversial.
Manajer Persib Komentari Tuntutan Bonek

Seperti dipaparkan Manajer Bonek FC, Sulaiman "Gendhar" Harry, pihaknya memutuskan untuk WO karena kecewa dengan kinerja wasit. Bonek FC pun telah sempat meminta pergantian wasit, namun akhirnya ditolak pihak operator, yaitu Mahaka Sports dan Entertainment.


Chief Executive Officer
(CEO) Mahaka, Hasani Abdulgani, akhirnya angkat bicara terkait permintaan Bonek FC tersebut. Menurut dia, pergantian wasit harus dilakukan sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA).


"Pergantian wasit menurut regulasi dan
rule of the game
FIFA itu hanya boleh dilakukan kalau wasitnya mengundurkan diri. Atau dia menyatakan tidak bisa memimpin pertandingan," ujar Hasani ketika dihubungi wartawan.


Dia lantas mengungkapkan, wasit Jerry Elly saat itu mengaku dalam kondisi siap untuk memimpin pertandingan. "Bahkan, saat ditanya dua kali, dia bilang masih siap jadi wasit," tutur Hasani.


Hasani pun kemudian berkomentar soal keputusan Jerry yang terkesan kontroversial saat memberikan hadiah penalti kepada tuan rumah. Maklum, dalam tayangan ulang terlihat jelas bahwa pemain Bonek FC tidak melakukan
handsball.


"Posisi wasit dan kamera berbeda tempatnya. Kamera di depan sudut pandangnya lebih jelas, wasit di belakang. Ini menurut saya kelemahan sepakbola dalam hal wasit di mana keputusan mereka itu mutlak," kata Hasani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya