Rahasia di Balik Start Ganas Everton Musim Ini

Manajer Everton, Carlo Ancelotti.
Sumber :
  • www.evertonfc.com

VIVA – Start sensasional Everton di Premier League musim ini kerap dikaitkan dengan penampilan luar biasa rekrutan anyar James Rodriguez. Namun sebenarnya, sosok Carlo Ancelotti lah yang dianggap pantas mendapatkan banyak pujian atas raihan ini.

Mikel Arteta Berharap Lebih dari Kapten Arsenal

Everton saat ini memuncaki klasemen sementara Premier League dengan menyapu bersih empat pertandingan pertama dengan kemenangan. Everton pun total sudah mencetak 12 gol dari empat laga yang baru dilakoni.

Baca: Everton Makin Ganas, Liverpool Wajib Waspada

Chelsea Bikin Mikel Arteta Terkesan

Dilansir Tribal Football, Selasa 5 Oktober 2020, Ancelotti diyakini memiliki peran krusial atas start apik Everton ini. Pasalnya, raihan sensasional Everton di awal musim ini tidak terlepas dari pendekatan yang dilakukan Ancelotti.

Formasi Berubah Bentuk
Ancelotti telah beralih ke formasi 4-3-3 musim ini dan meninggalkan formasi hybrid 4-4-2 pada musim lalu. Formasi lama terkadang membuat permainan menjadi terlalu datar dan basi saat dalam penguasaan bola.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Baca: Komentar Berkelas Ancelotti Tanggapi Rekor Sempurna Everton

Pemain Everton merayakan gol

Penekanan Umpan Silang dan Counter-Pressing
Yang lebih menonjol pada Everton di awal musim ini adalah penekanan pada umpan silang ke dalam kotak dan optimalisasi Ancelotti terhadap situasi bola mati; Everton menduduki puncak klasemen Premier League dengan 5 gol bola mati.

Trio Lini Tengah
Tampil menekan tidak terlihat pada Everton di musim lalu. Kala itu, Everton malah cenderung bermain mundur area tengah yang aman. Tetapi Ancelotti telah mengubah taktik tersebut di musim ini.

Skema ini terutama karena tambahan pemain baru Doucoure dan Allan ke dalam skuad. Sekarang Everton bermain dengan tiga gelandang tengah, Doucoure dan Gomes (mendampingi Allan) dan membentuk tembok yang sangat efektif melawan serangan balik lawan.

DCL dan James
Sosok James Rodriguez dan Dominic Calvert-Lewin juga turut mendongkrak performa Everton di musim ini. keduanya total menyumbangkan 9 gol dalam empat pertandingan Liga Premier Everton di awal musim ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya