Pemain Inggris Bersatu Minta Rusuh Dihentikan

Kerusuhan di Tottenham , London , Inggris
Sumber :
  • AP Photo/Lewis Whyld, PA Wire

VIVAnews - Kerusuhan yang melanda beberapa kota besar di Inggris mendatangkan keprihatinan dari para pesepakbola. Selain karena mengancam keamanan, laga perdana Liga Inggris pun terancam tertunda karena kerusuhan tersebut.

Kerusuhan di Inggris bermula dari kerusuhan lokal di London pada Minggu 7 Agustus lalu. Ricuh bermula dari ditembaknya seorang warga, Mark Duggan, oleh kepolisian setempat. Ini dijadikan alasan buat para perusuh mengacaukan kota hingga menyebar ke beberapa kota lain sepertiĀ  Birmingham, Manchester, Liverpool, Leicester, Bristol, West Bromwich, Salford, dan Walverhampton.

Kapten Liverpool Steven Gerrard menyerukan agar segera tercipta perdamaian di kota markas mereka. Menurut Gerrard, Liverpool adalah kota yang masyarakatnya selalu bersatu di saat susah dan senang. Jika memang ada segelintir masyarakat yang berniat merusak, maka Gerrard ingin agar mereka memikirkan lagi konsekuensinya.

"Kami bangga bagaimana masyarakat Liverpool berubah. Kita jangan biarkan aksi sekelompok orang berdampak pada orang lain yang tinggal dan peduli dengan kota ini," kata Gerrard seperti dilansir Belfast Telegraph, Kamis 11 Agustus 2011.

Hal yang sama disampaikan manajer Everton David Moyes. Everton, tim sekota sekaligus musuh bebuyutan Liverpool, mengenyampingkan perbedaan dan meminta agar rusuh dihentikan karena sudah mencederai sepakbola.

"Tidak ada pembenaran atas kelakuan mengejutkan yang kita saksikan di sepanjang kota Liverpool dan di seluruh negeri dalam beberapa hari belakangan ini," ujar Moyes. "Semua pihak di Everton Football Club memberi dukungan penuh pada polisi dan pejabat berwenang setempat untuk mengakhiri kerusuhan ini."

Everton merupakan satu dari sekian klub Premier League yang partai perdananya terancam tertunda. Pasalnya, calon lawan Everton, Tottenham Hotspur, juga mengalami kerusuhan serupa di markasnya di kota London.

Kapten Everton Tim Cahill setuju jika memang pertandingan itu harus ditunda. Menurut Cahill, jika harus mengorbankan tambahan akhir pekan di akhir musim nanti untuk mengganti satu pertandingan di awal musim, maka bukanlah suatu masalah.

"Buat saya yang sudah di Inggris selama 14 tahun adalah penting agar semua orang bersatu dan memastikan kita bisa bangkit bersama," kata Cahill. (eh)

Timnas Indonesia U-20 Tampil di Toulon Cup, Satu Grup dengan Italia
Sudirman Said.

Sudirman Said Bakal Maju Pilgub DKI Jalur Independen

Mantan menteri ESDM Sudirman Said bakal maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2024 melalui jalur perseorangan atau independen.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024