Regulasi 'Tekel Dua Kaki' Akan Dibuat

Vincent Kompany dapat kartu merah saat lawan Manchester United
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble

VIVAbola - Wasit-wasit Premier League diperintahkan untuk menindak tegas pemain yang melakukan tekel dua kaki. Kepala Dewan Ofisial Pertandingan Inggris (PGMOB), Mike Riley, akan berusaha membuat regulasi resmi atas jenis tekel dua kaki.

Tekel dua kaki menjadi kontroversi dalam beberapa pekan terakhir, terutama melibatkan Manchester City. Saat putaran ketiga Piala FA antara ManCity melawan Manchester United, 8 Januari lalu, kapten Vincent Kompany mendapat kartu merah langsung dari wasit Chris Foy karena melakukan tekel dua kaki ke arah Luis Nani.

Padahal dalam tayangan ulang Kompany sama sekali tidak melakukan kontak dengan Nani, dan justru sukses mendapatkan bola.

Namun, tiga hari kemudian ketika ManCity menghadapi Liverpool, wasit Lee Mason tidak memberikan kartu ketika bek The Reds, Glen Johnson, melakukan tekel dua kaki terhadap Joleon Lescott. Padahal pada kejadian tersebut, Johnson mengenai kaki Lescott.

"Keputusan tidak konsisten ini membingungkan semuanya. Wasit harus diberikan arahan mengenai peraturan pertandingan, dan apa yang boleh diizinkan dalam hal tekel. Mike Riley harus memberitahu mana yang tidak boleh, tekel dua kaki tidak diperbolehkan, entah Anda mendapatkan bola atau tidak," ujar manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Menanggapi sejumlah kritikan, Daily Mail melansir, Jumat 27 Januari 2012, Riley telah memerintahkan seluruh wasit Premier League untuk langsung mengusir pemain yang melakukan tekel dua kaki, meski sang pemain sukses mendapatkan bola.

Riley juga akan mendesak Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) untuk membuat regulasi resmi mengenai tekel dua kaki. (irb)

Yaya Toure Akhirnya Menyerah, Minta Agennya Diam
Manajer Liverpool, Juergen Klopp.

Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali

Klopp menginginkan posisi itu untuk mengurangi beban kerjanya.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016