28 Menit, Rekrutan Terakhir Ferguson Kuras MU Rp208 Miliar

Pemain tim nasional Pantai Gading, Wilfried Zaha
Sumber :
  • REUTERS/Daniel Munoz

VIVA.co.id - Wilfried Zaha 18 bulan lalu resmi digaet Manchester United dari Crystal Palace. £11 juta atau setara Rp208 miliar adalah biaya yang harus dikeluarkan 'Setan Merah' buat winger belia itu.

Zaha kala itu sedang menjadi perbincangan publik karena performa apiknya. Bahkan seorang Sir Alex Ferguson yang terkenal piawai mencari bakat-bakat muda sampai kepincut berat kepadanya.

Lewat negosiasi yang cukup alot akhirnya Zaha tercatat sebagai pemain MU sekaligus pembelian terakhir yang dilakukan Ferguson sebelum pensiun di penghujung musim 2013.

Zaha meski sudah resmi menjadi punggawa MU saat itu belum langsung hijrah ke Old Trafford. Sesuai kesepakatan, dia akan menghabiskan musim 2013 bersama Palace. Alhasil, pemain yang secara mengejutkan sempat dipanggil ke timnas Inggris tersebut gagal bertemu dan dilatih oleh Ferguson.

Di bawah suksesor Ferguson, David Moyes, Zaha tak mendapat kesempatan tampil. Bakatnya tersia-siakan dan harus menerima nasib dicampakkan ke Cardiff City dengan status pinjaman.

Awal musim ini ketika rezim Moyes beralih ke tangan Louis van Gaal, harapan untuk mendapat kepercayaan kembali buyar. Belum apa-apa manajer asal Belanda itu sudah mendepaknya ke Palace, lagi-lagi sebagai pemain pinjaman.

Dan pada bursa transfer musim dingin ini mimpi Zaha untuk menjadi pemain besa di MU benar-benar musnah. Dia resmi dilepas ke Palace secara permanen dengan nilai tebusan £3 juta serta klausul pembagian persentase penjualan kembali.

Meskipun demikian, Zaha sama sekali tak berkecil hati. Dia malah senang akhirnya kembali ke Palace dengan status permanen. "Saya bahagia dengan status sekarang. Yang terpenting saya harus tetap bermain karena itu yang akan membuat saya menjadi pemain lebih baik," katanya dikutip Daily Star.

Buat MU, bagaimana pun Zaha yang merupakan pembelian terakhir Ferguson adalah kerugian besar. Bayangkan saja, uang £11 juta yang mereka bayarkan kepada Palace di masa lalu, hanya berujung dengan aksi Zaha selama 28 menit. Atau sama artinya mereka membayar £400.000, atau setara Rp7,5 miliar per menit buat Zaha, itu belum termasuk gaji yang telah mereka bayarkan. (ren)

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Baca juga:

Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus

Ini Harga Jual Cristiano Ronaldo

11 Pemain Terbaik Premier League Akhir Pekan Ini

Usir Galau, Eks Kekasih Ronaldo Buka-bukaan di Pantai

Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016