5 Transfer Murah Paling Berhasil di Premier League 2015-16

Pemain Leicester City, N'Golo Kante, angkat trofi Premier League
Sumber :
  • Action Images via Reuters / Andrew Boyers

VIVA.co.id – Transfer dengan nilai besar selalu berhasil mencuri perhatian di dunia sepakbola. Tapi, ada beberapa pemain yang tampil menawan meski dibeli dengan harga relatif murah untuk ukuran Premier League.

4 Pemain Kakak Beradik di Piala Dunia 2022 Qatar, No 3 Beda Perkuat Timnas

Tren mendatangkan pemain-pemain bintang oleh raksasa Inggris selalu menjadi tajuk utama di berbagai berita olahraga. Banyak yang melewatkan transfer kecil namun dampaknya besar.

Ada beberapa pemain berkualitas yang tersedia di tiap bursa transfer, mungkin dengan harga mudah atau bahkan status transfer bebas. Pengaruh mereka terhadap tim pun sangat besar.

Sah, Brentford Promosi ke Premier League Musim Depan

Berikut lima pembelian mudah, dibawah 10 juta Pound, yang memberikan dampak positif di Premier League musim 2015-16, versi FOX Sport:

1. N’Golo Kante – Leicester City – £5,6 juta (Rp107 miliar)

Catat, Jadwal Perebutan Tiket Terakhir Promosi ke Premier League

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/02/14/365428_gelandang-leicester-city--n-golo-kante_663_382.JPG

Peran Kante sangat berpengaruh pada kejutan Leicester City merebut gelar juara, buktinya pria Prancis ini berhasil masuk tim terbaik Premier League musim ini versi PFA. Salah satu petarung di lini tengah, Kante membuat lebih banyak tekel (4,5) dan berhasil merebut bola (4,2) dari pemain lain manapun.

Pemain 25 tahun ini langsung menarik perhatian beberapa klub besar Eropa. Tapi yang pasti, Kante akan membela Timnas Prancis di Piala Eropa 2016 yang berlangsung di kampung halamannya sendiri berkat kinerjanya bersama Leicester.

2. Christian Fuchs – Leicester City – Gratis

Pemain Timnas Austria ini dengan bijak menolak tawaran hijrah ke MLS sebelum merapat ke Leicester City dengan status free transfer dari Schalke jelang musim 2015-16. Fuchs tak masuk dalam Tim Terbaik Musim Ini versi PFA, namun berhasil memperlihatkan kualitasnya tak seperti pemain gratisan. 

Empat buah assists miliknya adalah yang terbanyak kedua oleh pemain belakang Premier League. Dan pemain 30 tahun itu mencatatkan statistik lebih baik dari Danny Rose, Ryan Bertrand, dan Cesar Azpilicueta dalam interceptions dan clearances.
 
3. Andre Ayew – Swansea City – Gratis

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/05/01/5725f9d39ed22-pertandingan-swansea-city-vs-liverpool_663_382.JPG

Satu lagi transfer gratis yang berhasil, Ayew langsung memberikan dampak besar bersama The Swans. Pemain 26 tahun itu mencetak tiga gol dalam empat laga pertamanya di Premier League dan mendapat pemain terbaik bulan Agustus.

Pemain Timnas Ghana itu terus mendapatkan musim debut idamannya di Wales. Ayew mencetak 10 gol musim ini, angka tersebut lebih banyak dari Wayne Rooney, Christian Benteke, dan pemain mahal Manchester United, Anthony Martial, yang diboyong seharga 58 juta Pound.

4. Mohamed Elneny – Arsenal – £7.4 juta (Rp142 miliar)

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/03/13/370752_pemain-arsenal--mohamed-elneny_663_382.jpg

Kepindahan Elneny dengan Arsenal membuktikan klub besar tak perlu membuang uang banyak untuk mendapatkan pemain bagus. Meski hanya tampil 14 kali sejak didatangkan Januari lalu, pemain Timnas Mesir ini berikan dampak besar pada permainan The Gunners.

Sejak dimasukan Arsene Wenger ke tim utama dua bulan lalu, Arsenal belum merasakan satu kekalahan pun di Premier League (dengan lima clean sheets). Selain itu, menurut Squawka, Elneny  memimpin jumlah operan berhasil di Premier League (532) sejak kedatangannya.

5. Gerard Deulofeu – Everton – £4.2 juta (Rp80 miliar)

Entah bagaimana, Everton berhasil merayu Barcelona untuk menjual Deulofeu dengan harga hanya 4 juta Pound. Meski winger lincah ini sering tak dimainkan Roberto Martinez, Deulofeu berhasil mencetak 13 assists plus empat gol musim ini.

Delapan assists di Premier League lebih banyak dari milik Cesc Fabregas, Roberto Firmino, dan Adam Lallana, yang harganya setidaknya lebih mahal enam kali lipat dari Deulofeu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya