Inter Vs Milan, 2 Tim 'Satu Kontrakan' yang Tak Pernah Akur

Pertandingan Derby della Madonnina antara AC Milan kontra Inter Milan
Sumber :
  • Twitter/@Inter_en

VIVA – Rivalitas antara Inter Milan dan AC Milan bisa dibilang begitu menarik dan unik. Dua tim asal Kota Milan ini bermarkas di stadion yang sama, San Siro atau Giuseppe Meazza.

Prediksi Pertandingan Serie A: Inter Milan vs Napoli

Menariknya, stadion tersebut bukanlah milik Inter atau Milan. Kedua tim ini berstatus sebagai penyewa setiap bertanding. Sebab, stadion dimiliki Pemerintah Kota Milan.

Meski memakai stadion yang sama, sebutan stadion bisa berbeda. Fans Inter lebih suka dengan sebutan Giuseppe Meazza. Nama tersebut diambil untuk menghormati legenda Inter dan Timnas Italia dengan nama sama.

Terpopuler: Sindiran Timnas Vietnam, Respons Kurnia Meiga

Fans Milan tak suka dengan nama tersebut. Sebab, Giuseppe Meazza identik dengan Inter meski sempat membela AC Milan. Mereka pun menggunakan nama awal stadion, San Siro.

Tendangan Penalti Lautaro Martinez 'Terbang ke Langit', Ini Kata Pelatih Inter Milan

(Baca juga: Asal Usul Sebutan Derby della Madonnina, Laga Panas Inter Vs Milan)

Sejarah Inter sebenarnya tak lepas dari Milan. Pada 9 Maret 1908, perpecahan terjadi di Milan Cricket and Football Club (kini AC Milan). Sejumlah direksi Milan memutuskan untuk membentuk klub sendiri yang bernama Internazionale, untuk lebih memberikan ruang kepada para pemain asing.

Sejak saat itu, Inter dan Milan senantiasa bersaing baik di level domestik maupun Eropa. Untuk level domestik, keduanya seimbang dengan raihan total 30 gelar.

Namun, di Eropa Milan patut berbangga dengan tujuh gelar Liga Champions. Sedangkan Inter baru meraih tiga gelar yang sama. Di Eropa Inter memiliki kebanggaan yang tak bisa diraih Milan. Yakni, satu-satunya tim Italia yang meraih treble winners pada 2010 silam.

Menariknya, meski kerap berseteru, Inter dan Milan selalu kompak urusan stadion. Saat ini, mereka memiliki proyek stadion anyar yang lagi-lagi akan dipakai bersama. Stadion ini diprediksi selesai pada 2024.

(Baca juga: Stadion Baru Inter dan Milan Rampung pada 2024)

Di luar itu, persaingan di atas lapangan selalu menarik. Laga yang sering disebut Derby della Madonnina ini akan memasuki edisi ke-226 malam hari ini, Sabtu 17 Oktober 2020.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya