Otak Skandal Calciopoli Dihukum Seumur Hidup

Luciano Moggi
Sumber :
  • claudiocaprara

VIVAnews - Luciano Moggi resmi dijatuhi larangan berkiprah di sepakbola seumur hidup. Selain Moggi, Komisi Disiplin Federasi Sepakbola Italia (FIGC) juga menjatuhkan hukuman serupa kepada Antonio Giraudo dan Innocenzo Mazzini.

Berdasarkan hasil investigasi skandal Calciopoli 2006 silam, Komdis FIGC memutuskan mencekal seumur hidup ketiga orang ini dari sepakbola Italia. Moggi yang saat itu menjabat Direktur Umum Juventus bersama dengan eks direktur Juventus, Giraudo dan mantan wakil presiden FIGC, Mazzini dianggap bersalah. Kepastian ini diumumkan oleh Ketua Komdis, Sergio Artico.

"Keseriusan dari fakta-fakta yang berhubungan dengan perilaku Moggi telah dipastikan dan ditemukan. Dan menurut kami, keputusan Komisi Disiplin penting dan perlu untuk menyoroti bahwa tindakan yang dilakukan Moggi merupakan keparahan ekstrim," ujar Artico dilansir Football Italia.

Ketiganya sebenarnya telah diberi sanksi lima tahun menyusul skandal yang memalukan sepakbola Italia pada 2006 silam itu. Saat itu FIGC juga menyertakan usulan untuk menghukum seumur hidup ketiganya jika dirasa perlu.

Dan FIGC lewat Komdis yang mempertimbangkan usulan itu akhirnya menjatuhkan sanksi seumur hidup setelah mendengarkan tuntutan dari jaksa federal, Stefano Palazzi, untuk memberikan hukuman seberat-beratnya bagi ketiganya. Menurut laporan media-media Italia, Moggi sendiri mengaku tak terima dengan sanksi itu dan berniat mengajukan banding.

Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik
Ilustrasi anak sekolah

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Pendidikan Usia Dini (PAUD atau Preschool) yang berkualitas tak hanya mempersiapkan anak-anak untuk masuk sekolah dasar, tetapi juga membentuk kesejahteraan emosional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024