Messi yang Tak Lagi Jadi Alien Pasca Ditinggal Guardiola

Megabintang Barcelona, Lionel Messi
Sumber :
  • Twitter/@FCBarcelona

VIVA – Level permainan Lionel Messi diyakini menurun. Performanya dalam delapan tahun terakhir, dianggap tak sementereng ketika Barcelona masih dilatih oleh Pep Guardiola.

Ilaix Moriba, Eks Barcelona yang Jadi Ancaman Timnas Indonesia U-23

Selama empat tahun Barca dibesut Guardiola, Messi memang tampil ganas. Kala itu, dia masih didukung pemain-pemain wahid macam Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

Ditambah, kecerdasan Guardiola membuat Messi makin menggila di lini depan dan membuat Barca merengkuh 14 trofi dalam empat tahun.

Ngambek saat Ditarik Keluar, Erling Haaland Disemprot Legenda MU: Anak Manja!

Bukan cuma membantu Messi mencicipi trofi secara tim, Guardiola juga berpengaruh dalam urusan Ballon d'Or.

Selama Messi dilatih Guardiola, Messi mampu menyabet empat gelar Ballon d'Or. Tapi, setelah Guardiola cabut, dia cuma dua kali meraihnya.

Pengakuan Erik Ten Hag Selalu Pantau Jadon Sancho di Dortmund

Lionel Messi (kiri) dan Pep Guardiola (kanan)

"Messi tak pernah sehebat kala dilatih oleh Guardiola. Messi salah satu pemimpin, tapi dia bisa bekerja untuk tim dan memberikan perbedaan pada hasil pertandingan," kata pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, dikutip Voetbal International.

"Barcelona juga tak memenangkan banyak gelar di Eropa pasca ditinggal Guardiola. Messi tetap yang terhebat, tapi lebih lemah. Dia tak pernah mencapai level seperti saat dilatih Guardiola," lanjutnya.

Ten Hag merasa Guardiola punya sebuah pembeda yang membuat Messi bisa jadi lebih gila. Guardiola, menurut Ten Hag, tahu potensi terbesar dari La Pulga.

"Guardiola bernyali. Dia tak ragu menjadi pionir dan selalu berinovasi," terang Ten Hag.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya