Kontroversi Penalti Lionel Messi Masih Berlanjut

Lionel Messi mengoper tendangan penalti pada Luis Suarez.
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea
VIVA.co.id
MU Punya Pemain 'Ajaib', Titisan Ronaldo dan Messi
- Dalam beberapa hari terakhir, publik sepakbola ramai membahas trik penalti dari striker Barcelona, Lionel Messi. Terbaru, ada yang menyebutkan bahwa sebenarnya penalti Messi tidak sah.

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN
Messi melakukan eksekusi penalti yang tak biasa kala Barcelona menang dengan skor 6-1 atas Celta Vigo. Saat menjadi algojo penalti, Messi tak melakukan tendangan langsung, melainkan mengopernya ke Luis Suarez.

Tendangan Bebas Fantastis Messi Warnai Kemenangan Barca
Aksi La Pulga sah-sah saja dilakukan. Dalam Law of The Game FIFA, teknik yang dikenal sebagai 'Tap Penalty' tersebut memang diperbolehkan.

Tapi, ada syarat yang harus dipenuhi. Algojo kedua dalam 'Tap Penalty' harus berdiri di luar kotak dan baru boleh masuk ketika sang eksekutor mengoper bola.

Kontroversi muncul ketika beberapa pengguna media sosial twitter menemukan kejanggalan dalam penalti Messi. Keanehan yang dimaksud, seperti dilansir 101GreatGoals, adalah posisi dari Suarez.

Mereka menilai El Pistolero sudah masuk ke kotak penalti sebelum Messi mengoper bola. Akun @Beanyman62 pun berani menyebut bahwa tak seharusnya wasit mengesahkan gol Suarez.

Posisi Luis Suarez saat eksekusi penalti Lionel Messi

"Secara teknis, penalti tersebut tak seharusnya dihitung karena Suarez ada di dalam kotak saat bola belum ditendang," tulis @Beannyman62.

Teknik 'Tap Penalty' tak hanya dilakukan oleh Messi. Sebelumnya, Robert Pires dan Thierry Henry pernah melakukannya saat masih berada di Arsenal.

Jauh sebelum Pires dan Henry, Johan Cruyff juga pernah menerapkan teknik serupa. Cruyff melakukannya saat masih di Ajax bersama Jesper Olsen. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya