8 Fakta Menarik Pelatih Anyar Barcelona, Ernesto Valverde

Pelatih anyar Barcelona, Ernesto Valverde
Sumber :
  • REUTERS/Leonhard Foeger

VIVA.co.id - Barcelona telah resmi menunjuk Ernesto Valverde sebagai pelatih untuk musim depan. Pelatih berusia 53 tahun itu menggantikan peran Luis Enrique menangani Lionel Messi cs.

Terpopuler: Hoax soal Guinea dan Doping Uzbekistan

Barcelona memberikan kontrak dua tahun kepada eks pelatih Athletic Bilbao tersebut. Memiliki ikatan emosional sebagai mantan pemain, Valverde dianggap Presiden Josep Maria Bartomeu sebagai pelatih yang pas untuk Barcelona.

"Valverde memiliki kemampuan, pertimbangan, pengetahuan, dan pengalaman. Dia mempromosikan banyak pemain muda dan memiliki cara bermain Barca," kata Bartomeu via Twitter.

Ilaix Moriba, Eks Barcelona yang Jadi Ancaman Timnas Indonesia U-23

Valverde sempat menangani beberapa tim, Athletic Bilbao, Villarreal, Espanyol dan Olympiacos. Kita simak beberapa fakta dari seorang Valverde, yang dirangkum dari Eurosport dan beberapa sumber lainnya.

1. Valverde adalah pemain Barcelona pada 1988-1990. Ia bermain di bawah asuhan  Johan Cruyff dan ikut memenangi Piala Winners (1989) dan Copa del Rey (1990). Kala itu, ia tampil 29 kali dan mencetak 10 gol di semua kompetisi.

Klasemen LaLiga: Real Madrid Juara, Girona Lolos ke Liga Champions

2. Sebagai pemain, Barcelona adalah klub keempatnya setelah Alaves, Sestao, dan Espanyol. Setelah hengkang dari Barca, ia menghabiskan waktu sebagai pemain Athletic Bilbao selama 5 tahun, lalu memperkuat Mallorca setahun dan akhirnya pensiun.

3.  Valverde sangat menyukai fotografi.  Selama bermain di Barcelona, ia belajar fotografi di Institut d'Estudis Fotografics de Catalunya. Pada 2012, Valverde juga merilis buku tentang gambar artistik hitam dan putih dengan judul Medio Tiempo - Half Time. Ia juga pernah mengadakan pameran foto di Yunani saat menjadi pelatih Olympiakos.

Selanjutnya... Berjaya di Yunani

4. Pada tahun 2015, Valverde memimpin Bilbao meraih kemenangan dengan agregat 5-1 atas Barcelona di Piala Super Spanyol, itu satu-satunya trofi di klub tersebut. Namun, timnya kalah dalam final Copa del Rey melawan Barca di tahun yang sama.

5. Prestasi terbaiknya sebagai pelatih adalah memberi 5 gelar juara untuk klub Yunani, Olympiacos, termasuk tiga gelar Liga Yunani. Ia juga membawa Espanyol menjadi runner-up Piala UEFA 2007.

6. Valverde merupakan pelatih dengan tipikal bertahan. Ketika Olympiacos memenangkan gelar Yunani 2009, mereka hanya kebobolan 14 gol di liga. Sedangkan Bilbao tidak pernah kebobolan lebih dari 45 gol di La Liga setelah ia kembali ke klub pada 2013.

7. Valverde membawa dua anggota staf kepelatihannya di Bilbao ke Barcelona. Yakni, Jon Aspiazu dan pelatih kebugaran Jose Antonio Pozanco yang sudah menemaninya selama 15 tahun belakangan ini.

8. Valverde akan mengawali laga resminya di Barcelona dengan menghadapi Real Madrid pada laga pertama Piala Super Spanyol di Camp Nou, pada Agustus nanti. Sebelum itu, ia akan  membawa El Barca tur pramusim ke Amerika Serikat untuk melawan Real Madrid, Manchester United, dan Juventus. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya